Anggota DPRD NTT Reses di Dusun Hento Golo Sepang

Labuan Bajo|Okebajo.com|Wakil Ketua Komisi IV Bidang Pembangunan DPRD Provinsi NTT, Pata Vinsensius, SH,MM menggelar reses di Dusun Hento, Desa Golo Sepang, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat,  Kamis, 30 Maret 2023.

Kunjungan politisi PDI Perjuangan itu disambut secara adat oleh warga  masyarakat Dusun Hento.

Dalam acara penyambutannya, Kepala Desa Golo Sepang Saverius Banskoan, SH menerangkan sekilas tentang kondisi umum Desanya kepada wakil rakyat itu.

Ia jelaskan, jumlah populasi penduduk Desa Golo Sepang hampir 5.000 jiwa penduduk.

Mata pencarian warganya 70 % mayoritas petani sawah, nelayan 15 % dan pegawai 15%.

“Jumlah wajib pilih sebanyak  3.000 pemilih”, kata Kades Saverius Banskoan.

Selanjutnya, ia mengemukakan tiga kebutuhan mendasar yang menjadi keluhan masyarakat di Desa Golo Sepang.

Infrastuktur jalan tani

Kades Save menjelaskan Infrastuktur jalan tani dari Dusun Ngolo ke lokasi persawahan Kwinda. Lahan persawahan ini dibuka sejak tahun 1950-an. Namun para petani di Dusun itu sampai saat ini masih mengeluh kesulitan akses jalan untuk mobilisasi hasil pertanian dan pupuk.

Saat ini, kata Kades Save, akses jalan tani yang sudah dibangun  hanya 100 meter, itupun kondisinya sudah rusak dan tidak bisa dimanfaatkan lagi.

“Dampak kerusakan jalan tani, petani harus memikul pupuk dan padi sejauh 3 kilometer dari dan ke lokasi sawah tersebut”, jelas Kades Save kepada Wakil rakyat itu.

Jaringan air bersih

Kebutuhan dasar yang lain adalah penyediaan sumber air minum bersih untuk masyarakat Desa Golo Sepang.

Infrastruktur pendidikan

Kades Save juga menyinggung pembangunan infrastruktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak cukup jika hanya dengan mengandalkan Dana Desa.

“Sebab Dana Desa sudah ada nomenklatur pos pengeluaran untuk desa. Kami mohon kepada bapak Dewan agar sama-sama mencari jalan keluar untuk menyelesaikan ketiga keluhan masyarakat bisa terwujud”, pinta Kades Save.

Merespon aspirasi masyarakat melalui Kades Golo Sepang, Pata Vinsensius menyatakan komitmennya siap menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

“Semua persoalan yang menjadi keluhan masyarakat Desa Golo Sepang, saya catat. Saya perjuangkan  agar keluhan masyarakat yang disampaikan ini dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah dan secepatnya mendapat perhatian”, katanya.

“Saya berjanji akan memberikan bantuan baju bagi murid sekolah PAUD di Desa Golo Sepang paling lambat Agustus baju sudah jadi,” janjinya. *

Exit mobile version