Ribuan Umat Katolik Rayakan Malam Paskah di Labuan Bajo, Polisi Kawal Ketat

Labuan Bajo | Okebajo.com | Ribuan umat Katolik mengikuti Misa Malam Paskah di sejumlah Gereja di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Perayaan Misa Malam Paskah, Sabtu, 8 April 2023 menjadi atensi pengamanan ekstra ketat  personil Gabungan Polri dan TNI.

Kepolisian Resor Manggarai Barat menurunkan ratusan personel untuk mengamankan perayaan Misa Malam Paskah di sejumlah Gereja.

Terpantau di Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo, Misa Malam Paskah berlangsung dua  kali. Misa pertama 17.00-20.20 Wita dan Misa kedua pukul 20.30 Wita.

Perayaan Malam Paskah di Labuan Bajo mendapat absensi pengamanan ekstra ketat oleh ratusan personel Kepolisian dari Polres Manggarai Barat dan Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo. Foto/Humas Polres Manggarai Barat.

Setidaknya 20 personel Kepolisian dari Polres Manggarai Barat dan Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo mengamankan jalannya  Misa Malam Paskah.

“Pengamanan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Mengamankan dari tindakan-tindakan yang mengganggu jalannya ibadah,” kata Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si., melalui Kabag Ops, AKP Roberth M. Bolle.

Ia menjelaskan, pengamanan ini merupakan rangkaian pengamanan secara berkelanjutan.

Polres Manggarai Barat melakukan pengamanan hingga masa Pekan Suci bagi umat Katolik  berakhir pada Paskah kedua.

“Jadi pengamanan akan berlanjut hingga selesai pada Senin mendatang,” jelasnya.

AKP Roberth menyebut, pihaknya menerjunkan 200 personel Kepolisian untuk melakukan pengamanan terhadap 103 gereja yang melaksanakan ibadah di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Untuk gereja-gereja yang jauh di masing-masing Kecamatan, pengamanan dilaksanakan langsung oleh personel yang ada di masing-masing Polsek.

Para Kapolsek telah membagi personelnya untuk mengamankan setiap Gereja di wilayahnya masing-masing.

“Personel Polsek jajaran yang akan mengamankan gereja-gereja yang berada di Kecamatan masing-masing wilayah Kabupaten Manggarai Barat,” tuturnya.

Selain mengamankan Gereja, personel Kepolisian juga menjaga kelancaran lalu lintas supaya umat yang hendak beribadah merasa nyaman.

“Aparat Kepolisian juga akan mengatur jalannya lalu lintas di jalan raya, sehingga pelaksanaan ibadah Malam Paskah di setiap Gereja berlangsung aman, nyaman dan damai,” ujar Kabag Ops.

“Kami dari Kepolisian berharap perayaan Paskah kali ini bisa berjalan dengan lancar dan khidmat,” pungkasnya.

Data yang diperoleh aparat Kepolisian, sekurang-kurangnya 5.000 umat memenuhi Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo untuk merayakan Malam Paskah.

Misa Paskah, Minggu besok akan dilaksanakan empat kali. Misa pertama pada pukul 06.00 Wita, Misa kedua pukul 08.00 Wita, Misa Ketiga pukul 10.00 Wita dan  Misa Keempat pukul 16.30 Wita.*

Exit mobile version