Siswa/i Kelas XII SMA Negeri 2 Macang Pacar Ikut Ujian Sekolah Gunakan HP Android

Labuan Bajo|Okebajo.com |Sebanyak 196 peserta didik kelas XII SMAN 2 Macang Pacar mulai menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) sejak hari ini Senin 10/4/2023 hingga Sabtu 15/4/2023 dengan sistem Daring menggunakan HP (Handphone) tipe android.

Peserta yang mengikuti ujian sekolah tersebut terdiri dari 3 program studi yakni , IPA, IPS dan Bahasa yang dibagi dalam 5 ruangan ujian yang telah disiapkan oleh panitia.

Bonifasius Yulianus Du, S.Pd selaku ketua pelaksana ujian sekolah menjelaskan bahwa proses pelaksanaan ujian sekolah kali ini yaitu dengan menggunakan Hanphone Android. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan ujian, selain karena terbatasnya jumlah komputer di sekolah.

“Masing-masing siswa membawa Hanphone (HP) sendiri, dan pulsa disediakan oleh pihak sekolah melalui layanan WIFI sekolah. Ujian sekolah menggunakan HP Android sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan ujian. Selain itu penggunaan HP Android bermaksud agar peserta didik bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi terutama dalam bidang pendidikan”, Ungkapnya

Peserta ujian dibagi dalam beberapa sesi dalam mengikuti ujian ini.

“Tiap sesi antara 26-30 peserta ujian dan menghabiskan waktu satu jam dalam mengerjakan soal ujian. Dalam pelaksanaan ujian sekolah tersebut, ada 5 proktor dan sepuluh orang guru yang mengawas pelaksanaan ujian. Tiap ruangan diawasi oleh satu pengawas, dan satu proktor,” Jelas Bonifasius

Pengawas ujian melaksanakan proses pengawasan ujian sesuai jadwal yang disediakan oleh panitia ujian.

Tim Proktor dan pengawas mengawasi pelaksanaan Ujian Sekolah. Foto/Serilus Gonsi

Lebih Lanjut Bonifasius menuturkan bahwa ujian sekolah merupakan ujian akhir untuk kelas XII dan merupakan pengganti ujian Nasional. Ujian sekolah yang dilaksanakan memberi ruang kepada sekolah dalam menentukan hasil dan kelulusan peserta didik kelas XII.

Dijelaskan Bonifasius bahwa Ujian sekolah adalah ujian wajib untuk peserta didik kelas XII. Syarat untuk boleh ikut ujian ini adalah peserta didik telah mengikuti semua ujian semester yaitu ujian semester satu sampai semester enam.

“Untuk peserta didik yang mengikuti ujian sekolah hari ini, telah memenuhi semua syarat yang ditentukan oleh sekolah. Selain itu Ujian sekolah juga merupakan ujian untuk menentukan hasil belajar siswa selama tiga tahun. Selain itu ujian sekolah bertujuan untuk melihat dan mengukur sejauh mana persentase kualitas proses pengajaran yang sudah dilakukan oleh guru,” Tuturnya

Adapun kendala dalam proses pelaksanaan ujian hari ini adalah gangguan jaringan internet yang kurang lancar juga akses listrik yang kadang padam saat pelaksanaan ujian.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Macang Pacar Yufentus Panok, S. Pd., Gr. menjelaskan bahwa Ujian sekolah yang dilaksanakan ini merupakan kebijakan menteri pendidikan Indonesia.

“Pelaksanaan ujian sekolah yang dilaksanakan di tingkat satuan pendidikan merupakan salah satu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi bapak Nadiem Anwar Makarim. Ujian sekolah adalah poin penting tentang penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN),” Jelas Yufentus

“Ujian sekolah merupakan penentu dalam kelulusan peserta didik. Yang menentukan siswa lulus atau tidak adalah pihak sekolah bertitik tolak pada aturan dan hasil nilai ujian sekolah,” Tambah Yufens.

Lebih Lanjut Yufens mengatakan bahwa sekolah memiliki peran penting untuk menilai kompetensi siswa dalam bentuk teks tertulis atau bentuk penilaian lain yang lebih komprehensif. Pengunaan ujian mengunakan HP Android bermaksud untuk memudahkan proses pelaksanaan ujian secara online.

Yuvens berharap bahwa ujian ini dapat berjalan dengan lancar. Selain itu diharapkan peserta ujian bisa mengerjakan soal ujian dengan baik, teliti dan bisa selesai tepat waktu yang ditentukan oleh panitia ujian. Diharapkan juga semua peserta ujian menaati peraturan dan tata tertib ujian sesuai yang diharapkan, serta mampu menyelesaikan soal ujian dengan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Diketahui Ujian Sekolah hari ini diawali dengan mata pelajaran Agama Katolik dan Budi Pekerti dilaksanakan mulai pukul 08.00 -15.00 Wita. Terpantau pelaksanaan berjalan lancar, aman dan kondusif.**

Laporan : Serilus Gonsi, S.Pd

Exit mobile version