Siapa yang Berhak PAW Anggota DPRD dari Partai Hanura Mabar?

Foto Ilustrasi/net

Labuan Bajo | Okebajo.com | Ada beberapa nama kader partai Hanura calon PAW Anggota DPRD Manggarai Barat yang digadang-gadang akan menggantikan posisi Alm. Blasius Janu yang meninggal dunia pada bulan Maret 2023 lalu. Siapakah mereka?

Supaya tidak penasaran, kita cek fakta berikut ini berdasarkan data hasil perolehan suara calon anggota DPRD partai Hanura Dapil I (Kecamatan Sano Nggoang, Kecamatan Komodo, Kecamatan Boleng dan Kecamatan Mbeliling) Kabupaten Manggarai Barat pada pemilihan legislatif tahun 2019 lalu.

1. Almarhun Belasius Janu

Pada pemilihan legislatif periode 2019-2024, di Kecamatan Sano Nggoang suara yang diperoleh sejumlah 38 suara, Kecamatan Komodo sejumlah 250 suara, Kecamatan Boleng sejumlah 85 suara, dan Kecamatan Mbeliling sejumlah 152 suara. Sehingga total dari 4 kecamatan adalah 525 suara.

2. Almarhum Emanuel Selamat

Pada pemilihan legislatif periode 2019-2024, di Kecamatan Sano Nggoang suara yang diperoleh sejumlah 243 suara, Kecamatan Komodo sejumlah 21 suara, Kecamatan Boleng sejumlah 16 suara, dan Kecamatan Mbeliling sejumlah 34 suara. Sehingga total dari 4 kecamatan adalah 314 suara

3. Dominikus Jenali (Sekertaris DPC Hanura Mabar)

Pada pemilihan legislatif periode 2019-2024, di Kecamatan Sano Nggoang suara yang diperoleh sejumlah 21 suara, Kecamatan Komodo sejumlah 91 suara, Kecamatan Boleng sejumlah 6 suara, dan Kecamatan Mbeliling sejumlah 192 suara. Sehingga total dari 4 kecamatan adalah 310 suara

4. Emerensianus Robinson Nomer

Pada pemilihan legislatif periode 2019-2024, di Kecamatan Sano Nggoang suara yang diperoleh sejumlah 4 suara, Kecamatan Komodo sejumlah 289 suara, Kecamatan Boleng sejumlah 9 suara, dan Kecamatan Mbeliling sejumlah 1 suara. Sehingga total dari 4 kecamatan adalah 303 suara.

Informasih yang dihimpun media Okebajo.com bahwa Emerensianus Robinson Nomer telah mengundurkan diri dari kader partai Hanura beberapa waktu lalu.

5. Yoseph Margons Ko,o

Pada pemilihan legislatif periode 2019-2024, di Kecamatan Sano Nggoang suara yang diperoleh sejumlah 69 suara, Kecamatan Komodo sejumlah 58 suara, Kecamatan Boleng sejumlah 12 suara, dan Kecamatan Mbeliling sejumlah 40 suara. Sehingga total dari 4 kecamatan adalah 179 suara.

Berdasarkan data rincian perolehan suara diatas tentu kita bisa membaca bahwa yang berhak untuk menggantikan posisi Alm. Blasius Janu adalah calon yang menduduki posisi rangking 3 karena yang posisi rangking 2 adalah Alm. Emanuel Selamat juga telah meninggal dunia mendahului Alm. Blasisu janu.

DPC Hanura Mabar Usul Dominikus Jenali

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Manggarai Barat, Pius Daru, Kamis, (13/4/2023) pagi kepada Okebajo.com menjelaskan bahwa untuk kader partai Hanura yang diusulkan untuk menggantikan posisi almarhum Blasius Janu yaitu kader yang memperoleh suara urutan 3 pada pemilihan legislatif tahun 2019 lalu.

“DPC Hanura Mabar mengajukan permohonan ke DPD Hanura Propinsi NTT untuk Pergantian Antar Waktu almarhum Blasius Janu dengan orang yang menggantikannya yaitu kader partai yang peroleh suara Urutan ketiga,” Kata Pius Daru

Dominikus Jenali Berhak PAW ?

Berdasarkan informasih yang diperoleh media Okebajo.com dari sumber terpercaya bahwa Dominikus Jenali selaku Sekretaris DPC Hanura Kabupaten Manggarai Barat peiode 2020-2025 juga terdaftar sebagai salah satu peserta P1 (Prioritas 1) seleksi PPPK Propinsi NTT pada tahun 2021.

“Yang kami tahu bahwa Dominikus Jenali ini juga terdaftar sebagai salah satu peserta P1 Seleksi PPPK Propinsi NTT tahun 2021 dengan posisi jabatan Ahli Pertama guru Agama Katolik pada salah satu Sekolah Negeri di Kabupaten Manggarai Timur,” Jelas Narasumber yang tidak mau disebutkan identitasnya Rabu, (12/4/2023) sore.

Berdasarkan hal tersebut, sumber terpercaya ini menilai bahwa Sekertaris DPC Hanura Mabar diduga telah memanipulasi data saat proses pemberkasan adminstrasi pendaftaran seleksi PPPK.

“Saya menduga bahwa Dominikus Jenali ini telah memanipulasi data saat mendaftar seleksi PPPK karena salah satu persyaratan mengikuti seleksi PPPK adalah tidak sedang terlibat atau bergabung dalam partai politik,” Ungkapnya

Ia menambahkan bahwa jika nama Dominikus Jenali ini diusul oleh DPC Hanura Mabar untuk dilakukan PAW, maka pihak KPU Manggarai Barat perlu telusuri lebih jauh dan jika ini benar tentu pihak KPU tidak akan bisa memperoses PAW tersebut.

“Berkaitan dengan hal ini kata Sumber tersebut tentu Dominikus Jenali sudah berbenturan dengan regulasi yang ada. Jika itu benar maka yang berhak menduduki kursi DPRD Mabar dari partai Hanura adalah calon yang peroleh suara urutan 5 yakni Yoseph Margons Ko,o karena yang peroleh suara urutan 4 telah mengundurkan diri dari Kader Partai Hanura,” Cetusnya

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Hanura Kabupaten Manggarai Barat Pius Daru, Kamis (13/4) pagi kepada media Okebajo.com menjelaskan bahwa saat ini pengurus DPC Hanura Mabar sedang mengurus berkas administrasi nama calon anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) terhadap anggota DPRD Periode 2019-2024 bapak Blasius Janu yang telah meninggal dunia Maret 2023 lalu.

Pius Daru menjelaskan bahwa berkaitan dengan usulan PAW kader partai Hanura Kabupaten Manggarai Barat bahwa saat ini pihaknya lagi berada di Kupang guna mengurus segala berkas atau dokumen PAW tersebut dan prosesnya sudah sampai di DPD Hanura Propinsi NTT dan hari ini Kamis (13/4) sudah di bawah ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk ditindaklanjuti.

“Berdasarkan proses mekasinme pihaknya mengajukan permohonan ke DPD Partai Hanura Propinsi NTT yang kemudian akan diteruskan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk ditindaklanjuti karena berkaitan dengan SK nanti itukan di Internal Partai atau di Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura,” Kata Pius Daru

Ditanya terkait dengan informasih yang mengatakan Dominikus Jenali telah lolos seleksi PPPK ketua DPC Hanura Mabar menyarankan media ini untuk konfirmasi lansung dengan yang bersangkutan.

“Mohon konfirmasih dengan pak Domi Jenali terkait info lolos PPPK kaka. Dominikus Jenali saat ini sebagai Sekretaris DPC Hanura Mabar periode 2020 s/d 2025,” Tutup Pius Daru

Ketika dikonfirmasi Media ini Via WhatsApp Kamis, (13/4/2023) siang, Dominikus Jenali membantah bahwa namanya terdaftar sebagai salah satu peserta seleksi PPPK Propinsi NTT.

“Io abang. Tidak ada ew Abang,” Jawab singkat Domi Jenali

Ketika media okebajo.com mengirimkan file daftar nama P1 peserta Seleksi PPPK Propinsi NTT yang namanya juga tercantum dalam isi file tersebut Dominikus pun enggan memberikan keterangan namun berdalil bahwa dirinya lagi dalam perjalanan.

“Nanti saya telepon e bro.
Masih di jalan..mau balik,” Tutup Dominikus. **

Exit mobile version