Semua Persiapan KTT  ASEAN On The Right Track

Semua Persiapan KTT  ASEAN On The Right Track
Semua Persiapan KTT  ASEAN On The Right Track

Labuan Bajo | Okebajo.com | Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi  mengatakan bahwa semua persiapan KTT ASEAN baik substansi maupun nonsubstansi sudah berada di jalur yang tepat.

“Semua persiapan baik substansi maupun nonsubstansi kita lakukan pengecekan pada hari ini secara detail langsung oleh Bapak Presiden. Per hari ini kita dapat sampaikan bahwa semua persiapan on the right track,” ujar Menlu Retno dalam keterangannya usai peninjauan di Labuan Bajo, pada Selasa, 25 April 2023.

Persiapan Substansi

Menlu melaporkan bahwa akan ada delapan pertemuan dalam dua hari penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN pada 10-11 Mei 2023.

Dari 8 pertemuan tersebut, lima pertemuan akan digelar di hari pertama, sedangkan 3 pertemuan lainnya di hari kedua.

“Di hari pertama semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara di hari kedua, tiga pertemuan, dua di antaranya dipimpin oleh Bapak Presiden.

Sementara satu pertemuan lainnya secara rotasi saat ini memang yang akan memimpinya adalah Perdana Menteri Malaysia,” ungkap Retno.

Selain itu, Presiden dan Ibu Iriana juga meninjau sejumlah lokasi yang rencana kegunaanya untuk beberapa kegiatan KTT ke-42 ASEAN. Mulai dari ruang plenary, retreat, hingga spouse program.

Persiapan Bandara Komodo

Saat ini, kata Menlu, sudah terdapat dua jalur di Bandara Komodo, yaitu jalur internasional dan jalur domestik.

Bahkan, sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus lakukan persiapkan dengan matang. Guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

“Jadi persiapan bandara akan terus kita lakukan, termasuk tanda-tanda untuk penyelenggaraan KTT ASEAN. Jadi sekali lagi perlu lakukan pengecekan secara detail,” ucap Retno.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya kenyamanan bagi para leaders. Ini terkait  kesiapan hotel-hotel penginapan para kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN.

Ajang promosi pariwisata Labuan Bajo

Presiden juga ingin agar penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia, khususnya Labuan Bajo.

“Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk ASEAN dan tentunya untuk dunia,” ujar Retno.

Menlu pun optimistis keketuaan ASEAN oleh Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

Ia juga tidak lupa minta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi bismillah mudah-mudahan gawe besar kita sebagai ketua ASEAN dengan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dapat berjalan dengan lancar, mohon doanya,” tutur Retno.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo kembali meninjau sejumlah persiapan menjelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Mei mendatang.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut,  Gubernur NTT Viktor Laiskodat beserta istri, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, serta Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani. *

Exit mobile version