Pimpinan Negara ASEAN Joy Sailing di Labuan Bajo

Pimpinan Negara ASEAN Joy Sailing di Labuan Bajo
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat jumpa pers di Dermaga Marina Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023). Foto/Robert Perkasa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan bahwa para pimpinan negara yang hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN akan joy sailing sekaligus lihat sunset di perairan Labuan Bajo menggunakan kapal pinisi Ayana Lako Dia.

“Saat ini saya berada di Dermaga Marina Labuan Bajo. Di belakang saya ini ada kapal Ayana Lako Dia
yang rencana nanti jam 17.00 Wita akan  joy sailing  dan sekaligus melihat sunset”, jelas Panglima Laksamana Yudo Margono kepada  para wartawan di Dermaga Marina, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu,  10 Mei 2023.

Yudo mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang sudah disusun.

“Dan ini merupakan rangkaian acara yang sudah disusun sehingga saya cek kesiapan kapal. Kemudian keamanan kapal juga kita cek tadi. Ada pasukan yang ngecek di bawah kapal. Keamanan kapal mulai dari badan kapal, kita sudah lihat semuanya”, kata Yudo.

Cek keamanan laut

Selain kesiapan kapal, kata Yudo, pihaknya juga melakukan pengecekan keamanan laut.

“Dan juga kita melihat keamanan laut karena sekarang ini kepala negara sudah meeting di hotel Meruroah. Tentunya dari sisi keamanan kapal-kapal yang melintas maupun keamanan laut ini kita jaga ketat oleh para prajurit yang melaksanakan pengamanan di laut”, ujarnya.

Koordinasi dengan BMKG

Panglima Laksamana Yudo Margono juga menjelaskan bahwa ia juga sudah melakukan koordinasi dengan BMKG dan BNPT guna memastikan cuaca hari ini.

“Termasuk ini,  cuaca ini. Kemarin kita sudah koordinasi dengan BMKG, BNPT untuk TMC cuaca ini.  Sehingga kemarin sudah sebut ada 10 ton garam dengan pesawat AU.

Pagi ini juga dikirim lagi 10 ton garam untuk antisipasi. Mudah-mudahan nanti sore bisa terang, cuacanya bagus sesuai rencana yang kita sudah siapkan”, kata Yudo.

Ia juga menjelaskan  rangkaian  kegiatan para pemimpin negara ASEAN  mulai pagi hingga malam hari juga sudah termonitor semuanya.

“Sejak rangkaian tadi pagi mulai hotel penginapan para kepala negara sampai hotel Meruroah kita sudah monitor semuanya dari Command Center oleh prajurit kami yang laksanakan di lapangan dan sekarang sudah mulai meeting di sana. Untuk rangkaian berikutnya untuk dinner di Hotel Ayana kita cek kesiapan  semuanya.

Exit mobile version