BMKG : Waspada Hujan Lebat & Gelombang Tinggi

Jakarta | Okebajo.com | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis, 8 April kembali mengumumkan adanya potensi tinggi siklon tropis 98S di wilayah tanggung jawab TCWC (Tropical Cyclone Warning Center) Jakarta dalam 24 – 36 jam ke depan beserta potensi dampak yang dapat ditimbulkannya.

Dua hari sebelumnya, Selasa, 6 April 2023, BMKG  telah mengeluarkan informasi adanya pertumbuhan bibit siklon 98S di area tanggungjawab TCWC (Tropical Cyclone Warning Center) Jakarta, sekitar Laut Arafuru dan bibit siklon 90W berada di  area tanggungjawab RSMC Tokyo (Jepang) di sekitar Samudera Pasifik utara Papua beserta potensi dampak yang dapat ditimbulkannya.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menjelaskan, berdasarkan analisis terbaru hari ini, bibit siklon 98S menunjukkan peningkatan intensitas sejak 48 jam terakhir dengan posisi masih berada di sekitar laut Timor sebelah barat daya Saumlaki dan berada di area tanggungjawab TCWC (Tropical Cyclone Warning Center) Jakarta.

Sementara itu Bibit Siklon 90W masih menunjukkan eksistensinya di sekitar wilayah Samudera Pasifik sebelah utara Papua dan berada dalam area tanggungjawab RSMC Tokyo (Jepang).

Berdasarkan analisis terbaru tanggal 8 April 2023 jam 07.00 WIB, dapat diinformasikan perkembangan sistem bibit siklon 98S dan bibit siklon 90W sebagai berikut;

Bibit Siklon Tropis 98S

“Saat ini sistem 98S berada di sekitar laut Timor sebelah barat daya Saumlaki, tepatnya di 9.8°LS 129.7°BT dan masih berada di area tanggungjawab TCWC Jakarta”, kata Guswanto.

Ia merinci, kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot (56 km/jam). Sementara tekanan rendah di sekitar pusat sistemnya mencapai 1003 mb.

“Sistem 98S bergerak ke arah barat daya dan memiliki peluang kategori TINGGI untuk menjadi siklon tropis di wilayah tanggungjawab TCWC Australia dalam 24-36 jam ke depan”, ujarnya.

Dalam periode 24 jam ke depan, Bibit Siklon 98S dapat berdampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang laut di wilayah Indonesia, berupa; hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Tinggi Gelombang 1.25 – 2.5 meter di Laut Flores, Perairan Kepulauan Selayar, Perairan Baubau Kepulauan Wakatobi, Laut Seram, Perairan Fakfak dan Kaimana, Laut Banda, Perairan selatan, Kepulauan Kai – Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru bagian tengah dan timur.
Tinggi Gelombang 2.5 – 4.0 meter di Perairan Kepulauan Sermata – Kepulauan Letti – Kepulauan Babar
dan Laut Arafuru bagian barat.

Bibit Siklon Tropis 90W

Saat ini sistem 90W berada di sekitar Samudera Pasifik sebelah utara Papua, tepatnya di sekitar 6.1°LU 138.8°BT. Kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 15 knot (28 km/jam), sementara tekanan rendah di sekitar pusat sistemnya mencapai 1005 mb.

Sistem 90W bergerak ke arah utara hingga barat laut, dan semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Bibit Siklon 90W memiliki peluang kategori RENDAH untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan.

Dalam periode 24 jam ke depan, Bibit Siklon 90W dapat berdampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca dan gelombang laut di wilayah Indonesia, berupa;

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Maluku Utara dan Papua Barat.

Tinggi Gelombang 1.25 – 2.5 meter : Laut Halmahera, serta Perairan utara Papua Barat hingga Papua.

Tinggi Gelombang 2.5 – 4.0 meter : Laut Maluku bagian utara, Perairan barat dan utara Halmahera, serta Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Rekomendasi

Terkait hal tersebut, BMKG menghimbau kepada warga masyarakat terdampak terutama di wilayah yang masuk wilayah bahaya untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan upaya mitigasi terhadap potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang dan
gelombang tinggi serta kondisi cuaca ekstrem di sekitarnya.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini dan lebih rinci wilayahnya hingga level Kecamatan dapat langsung mengakses kanal informasi BMKG:
1. Website https://www.bmkg.go.id;
2. Akun media sosial @infobmkg;
3. Aplikasi iOS dan android “Info BMKG”;
4. Call center 196 BMKG;
5. Atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat

Kamis, 8 April 2023, Kepala BMKG Kabupaten Manggarai Barat, Sti Nenot’ik juga menyampaikan hal senada terkait perkirakan 24-36 jam ke depan bibit siklon tropis 98S berpeluang tinggi meningkat menjadi siklon tropis.

“Waspada hujan lebat yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang di wilayah  Kecamatan Komodo, Mbeliling, Sano Nggoang, Lembor, Lembor Selatan, Pacar,  Macang Pacar, Boleng, Welak, dan Kuwus”, ungkap Sti Nenot’ik. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *