Baca Rekomendasi BMKG NTT Jelang Musim Kemarau 2023

Kupang | Okebajo.com | Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rahmatulloh dalam Siaran Pers, Selasa, 28 Maret 2023 menyampaikan beberapa rekomendasi kepada para pihak dalam menghadapi musim kemarau 2023.

BMKG menghimbau Pemerintah Daerah, institusi terkait, dan seluruh masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap
kemungkinan dampak musim kemarau terutama di wilayah yang mengalami sifat musim kemarau bawah normal (lebih kering dibanding biasanya).

Wilayah tersebut diprediksi mengalami peningkatan risiko bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan kekurangan air bersih.

Pemerintah Daerah dapat lebih optimal melakukan penyimpanan air pada akhir musim hujan ini untuk memenuhi danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya di masyarakat melalui gerakan
memanen air hujan.

“Mari kita jadikan informasi prakiraan musim kemarau 2023 ini sebagai bentuk peringatan dini (early warning) untuk dimanfaatkan oleh para pemangku kepentingan dalam aksi dini (early action), sehingga upaya pencegahan dapat terus diprioritaskan dengan tetap adanya penanggulangan bila bencana tetap terjadi”, imbau Rahmatulloh Adji. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *