Perdana, RSUD Komodo Pakai Alat Canggih Tangani Pasien Penyakit Jantung

Avatar photo
Perdana, RSUD Komodo Pakai Alat Canggih Tangani Pasien Penyakit Jantung

LABUAN BAJO | Okebajo.com | Tim dokter spesialis jantung dari Rumah Sakit Prof. Ngoerah Bali (bekas RSUP Sangalah Denpasar) berhasil menangani pasien perdana menggunakan alat super canggih pertama di RSUD Komodo, Labuan Bajo.

Alat super canggih ini adalah Kateterisasi Laboratorium (Cathlab) spesialis penyakit jantung dan stroke.

Dokter Spesialis Jantung RS Prof Ngoerah Bali, Kadek Susila Surya Darma, sebagai Ketua Tim dalam menangani pasien perdana di RSUD Komodo menjelaskan bahwa timnya sudah berhasil melakukan tindakan penanganan  terhadap pasien  berusia 54 tahun  menggunakan Cathlab miliki oleh RSUD Komodo.

Dokter Kadek mengaku penanganan pasien tersebut berjalan lancar tanpa ada hambatan. Hal ini karena alat yang digunakan super canggih dan memiliki kualitas yang sama dengan alat penyakit jantung yang ada di luar negeri.

“Kita sebagai tim sudah melakukan tindakan. Tindakan pertama kita diagnostik penyakit jantung koroner pasien laki laki 54 tahun dengan diabetes militus dengan kecurigaan penyakit jantung koroner dan gagal ginjal.

Kita udah mengerjakan tindakan pertama dan saksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Kemenkes dan tim Kepresidenan.

Kita udah melakukan tindakan dan Puji Tuhan berjalan lancar.  Mulai dari jam 9 sampai jam 9. 25 wita berjalan dengan lancar,” ujarnya usai menangani pasien penyakit jantung di RSUD Komodo pada Rabu, 10 Mei 2023.

Ia menjelaskan bahwa alat super canggih itu baru pertama kali digunakan.  Penggunaan perdana  pada pasien penyakit jantung.

Ia berharap agar Kemenkes terus melakukan upaya mengoptimalkan penggunaan alat tersebut dengan menyediakan tenaga kesehatan yang memiliki SDM untuk mengoperasikannya.

“Alat yang kita tes perdana dengan pasien perdana berjalan lancar. Dan semoga ke depannya bukan hanya tindakan pertama dan terakhir tetapi berkesinambungan”, ujarnya.

Kadek harapkan juga tim dari Kemenkes juga mengirim radiologis ke daerah. Kita dari RS Prof Ngoerah Bali termasuk jejaring kardiopaskular sebagai pengampuh untuk wilayah timur NTT sampai Papua.  Kita harapkan Kadis Kesehatan Mabar dan Manajemen RSUD Komodo merekrut Kardiolog intervensi untuk melanjutkan dan kita dari RS Prof Ngurah siap untuk siapkan sebagai pengampu,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa alat ini sangat canggih. Penyediaan alat ini oleh Kemenkes sebagai bagian dari sarana penunjang fasilitas kesehatan bagi delegasi yang ikut dalam KTT Asean Summit di Labuan Bajo.

Cathlab generasi terbaru

Penyediaan alat ini juga sebagai bentuk kepedulian Kemenkes pada masyarakat Manggarai Barat. Di  wilayah Flores, alat super canggih ini hanya ada di RSUD Komodo, Labuan Bajo.

“Ini adalah alat yang tercanggih saat ini single plan. Jadi Kemenkes benar benar memperhatikan kesehatan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan alat yang tercanggih saat ini.

Kecanggihan alat ini sama dengan yang berada di Rumah Sakit di luar Negeri memiliki kesamaan dalam kualitas. Ini adalah alat generasi terbaru.

“Ada banyak tipe Cathlab yang ada sebenarnya, yang ada di sini merk Philip dan ini merupakan generasi terbaru,” ujar dokter Kadek.

Fungsi  Cathlab

Dokter Susila menjelaskan fungsi penggunaan alat ini tidak hanya berfungsi untuk mendeteksi penyakit jantung koroner, tetapi juga bisa intervensi otak.

Menurut dia, pasien Stroke juga bisa dikerjakan kalau ada Neuro Intervensi di RSUD Komodo.

“Buat Paskular, pembulu darah periper bila ada sumbatan pembulu darah di kaki atau prmbuluh darah di ginjal bisa mengerjakan ini. Buat radiologi intervensi juga bisa mengerjakannya di sini. Jadi ini sebenarnya alat yang kami pakai untuk melihat pembulu darah koroner dan pembulu darah periper. Alat ini bisa melihat pembulu darah sampai detailnya. Termasuk pembuluh darah otak. Jadi semua bisa mengerjakannya”, jelas dokter Susila.

Selain bisa diagnostik, alat ini juga bisa untuk terapi.  Alat ini juga bisa melakukan pemasangan ring jantung, pemasang ring pada pasien untuk mencegah strok, memasang kuil untuk menyumbat pasien yang  pecah pembuluh darah. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *