Wonderful Komodo, Kapal Cepat BPOLBF di Labuan Bajo Tak Pernah Clearance? BPOLBF Bantah!

Wonderful Komodo, Kapal Cepat BPOLBF di Labuan Bajo Tak Pernah Clearance? BPOLBF Bantah!
Kapal Cepat Wonderful Komodo yang dimiliki oleh Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF)

Labuan Bajo, Okebajo.com – Kapal Cepat Wonderful Komodo yang dimiliki oleh Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah menjadi sorotan belakangan ini.

Kabarnya, kapal ini belum pernah melakukan clearance ke Syahbandar Labuan Bajo NTT sejak mulai beroperasi pada 2021.

Namun, Kepala Divisi Komunikasi Publik BPOLBF, Sisilia Jemana membantah kabar tersebut dengan tegas.

“Kata siapa?, Bagaimana bisa kapal diizinkan berlayar oleh pihak Syahbandar Labuan Bajo tanpa ada clearance?”, Ujar Lia, Minggu, 30 April 2023.

Sebenarnya, apa yang terjadi dengan kapal cepat Wonderful Komodo ini?

Lia Jemana menjelaskan bahwa kapal ini merupakan kapal operasional BPOLBF yang memiliki kapasitas 12 orang dan dilengkapi dengan fasilitas GPS.

Tujuan dari keberadaan kapal cepat ini adalah untuk mendukung tugas dan fungsi BPOLBF dalam pengawasan, patroli, dan mendukung aktivitas operasional pariwisata saat ada kunjungan dari Kementerian dan Lembaga terkait.

Selain itu, kapal cepat Wonderful Komodo juga dalam rangka mempercepat respon tanggap darurat manakala terjadi peristiwa yang membutuhkan bantuan segera termasuk evakuasi dan hal darurat lainnya.

“Pada prinsip kegunaanya untuk melayani kerja BPOLBF di laut mengingat wisata bahari menjadi fokus kerja BPOLBF juga”, urainya.

Hingga saat ini, kata Sisilia Jemana, kapal cepat Wonderful Komodo penggunaanya untuk berbagai keperluan seperti dukungan saat kegiatan Kunjungan Kerja dari beberapa Kementerian seperti Kemenparekraf, Kemenkomarves, Kantor Staf Presiden, Kementerian Keuangan, maupun Kepolisian Manggarai Barat.

Selain itu, kapal cepat ini juga digunakan untuk berbagai dukungan kepada masyarakat seperti saat Festival Golo Koe untuk mengangkut bantuan logistik (sembako) ke pulau-pulau.

“Kapal ini juga pernah digunakan untuk mengantar pasien yang hendak melahirkan dari pulau Komodo”, pungkasnya.

Meskipun begitu, kabar bahwa kapal cepat Wonderful Komodo belum pernah melakukan clearance ke Syahbandar Labuan Bajo NTT tetap menjadi perhatian publik. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *