KPA Mabar Gelar Lomba Pidato dan Cerdas Cermat Tentang HIV/AIDS

Avatar photo
H-1. Para peserta lomba mengikuti Rapat Teknikal Meeting Kegiatan lomba Pidato dan Cerdas Cermat tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo. Foto/Robert Perkasa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Manggarai Barat menyelenggarakan kegiatan lomba Pidato dan Cerdas Cermat tingkat siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan perlombaan ini mengusung isu utama tentang HIV dan AIDS.

Perlombaan ini untuk menggenjot potensi akademik para siswa sekaligus mempertajam kepedulian siswa untuk ikut terlibat dalam memerangi HIV/AIDS.

Perlu diketahui bahwa HIV/AIDS telah menjadi momok yang menakutkan bagi publik global saat ini. Untuk itu, semua elemen, termasuk para siswa mempunyai tanggung jawab untuk menekan laju penyebaran virus ini.

Three Zero tahun 2030

Sekretaris KPA Manggarai Barat, Dr. Bernadus Barat Daya menyebut badan dunia internasional WHO telah mematok target agar pada tahun 2030 yang akan datang, HIV/AIDS harus berada di posisi nol (zero).

Ia menjelaskan tagline Three Zero (3Z) menjadi tantangan bersama untuk dapat diwujudkan. Semua negara harus mencapai angka nol dalam 3 hal penting yaitu: zero Inveksi HIV baru, zero Kematian karena HIV/AIDS, dan zero Stigma/Diskriminasi.

Dalam kaitan itu, program utama KPA Manggarai Barat adalah terus melakukan sosialisasi informasi tentang HIV/AIDS, dan melakukan test HIV gratis bagi masyarakat.

Selain itu, KPA Mabar juga menyasarkan isu-isu HIV/AIDS itu secara lebih luas ke kalangan kaum muda (siswa/siswi SLTA).

“Salah satu yang dapat dilakukan adalah melalui ajang perlombaan Cerdas Cermat dan Pidato dengan isu utama HIV/AIDS yang diadakan antar sekolah SMA/SMK di kota Labuan Bajo maupun di luar kota”, jelas Bernadus Barat Daya.

Tujuan kegiatan

Barat Daya menerangkan kegiatan perlombaan ini, tentu saja untuk mengasah potensi akademik siswa dalam membangun argumentasi dan  merefleksikan aneka isu seputar HIV/AIDS.

Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan agar para siswa terlatih dalam berpikir logis, sistematis, dan reflektif. Senada dengan poin ini, melalui kegiatan perlombaan akademik, para siswa bisa mengembangkan kemampuan berbahasa baik melalui tulisan maupun secara lisan.

“Hal yang tidak kalah pentingnya melalui kegiatan ini agar para siswa semakin sadar dan responsif dalam mengambil langkah-langkah agar tidak terpapar HIV/AIDS dan mengambil prakarsa untuk mengatasi problem pelik ini”, terang Dr. Bernadus Barat Daya, Minggu (29/10/2023).

Tema kegiatan

Tema umum kegiatan ini : “Mabar Tanpa HIV/AIDS, Pariwisata Tanpa HIV/AIDS”. Khusus untuk lomba Pidato, tema besar ini bisa dielaborasi dalam beberapa Sub-tema:

HIV/AIDS, Tantangan Pengembangan Pariwisata di Mabar.

Menjadikan Mabar sebagai Kabupaten Bebas Virus HIV/AIDS.

Stop Diskrimiasi terhadap Orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Cegah HIV/AIDS dengan Setia Pada Pasangan.

Mari Berperang Melawan HIV/AIDS

Langkah Konkret untuk Mewujudkan 3 Zero

Penanganan terhadap Penderita HIV/AIDS

Menerapkan Aktivitas Pariwisata yang Sehat.

Dia jelaskan kriteria penilaian lomba pidato mengacu pada kesesuaian tema, judul, dan isi pidato, sistematika atau tahapan penyampaian pidato, penggunaan bahasa yang bagus dan menarik bagi audiens, vokal/artikulasi/intonasi dalam berpidato, gaya dan improvisasi dalam berpidato serta ketepatan waktu

Peserta kegiatan

Event ini tentu terbuka untuk semua SMA baik yang ada di dalam kota Labuan Bajo maupun yang berada di luar area Labuan Bajo. Tetapi, agar lebih mudah dalam pengaturannya, maka pihak panitia hanya memilih 12 sekolah.

Masing-masing sekolah mengirim 4 orang peserta. Lomba Pidato 1 orang peserta dan Lomba Cerdas Cermat 3 orang peserta.

Panitia kegiatan ini juga telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai untuk pemenang 1 sampai 3 untuk dua mata lomba.  Selain itu, Panitia juga memberikan Piagam Penghargaan kepada semua peserta dan Dewan Juri.

Panitia telah memilih beberapa juri yang dianggap mempunyai kompetensi dalam bidang yang dilombakan. Jumlah juri untuk dua mata lomba ini adalah 7 orang. 4 orang juri dari luar lembaga KPA dan 3 juri dari  KPA.

Waktu dan tempat kegiatan

Kegiatan ini digelar selama tiga hari, 30 Oktober – 1 November 2023. Semua aktivitas perlombaan dilaksanakan di Family Center Verbiti SKY Provinsi SVD Ruteng di Ketentang-Labuan Bajo, Jln. Dei Verbiti No. 1 Ketentang-Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

H-1. Para peserta lomba mengikuti Rapat Teknikal Meeting Kegiatan lomba Pidato dan Cerdas Cermat tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo. Foto/Robert Perkasa

Sumber Pendanaan

Kegiatan ini dibebankan pada dana hibah (APBD tahun anggaran 2023) yang disalurkan melalui KPA Mabar.

Berhasil tidaknya kegiatan ini, sangat ditentukan oleh tingkat antusiasme dan partisipasi semua komponen di daerah ini.

“Untuk itu, kami sangat mengharapkan kerja sama dan tanggapan yang positif baik dari para guru maupun para siswa untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan ini. Prinsip utama dari kegiatan ini adalah ‘dari kita, oleh kita dan untuk kita’. Dengan itu, kita memiliki energi dan kapital yang cukup dalam mengangkat senjata perlawanan terhadap HIV/AIDS yang telah menjadi musuh bersama (common enemy) itu”, tandasnya. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *