Pimpin Apel Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Camat Pacar : Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Semarak Hari Lahir Pancasila di Kecamatan Pacar Memperkokoh Kebersamaan dan Nilai-nilai Pancasila
Upacara memperingati hari lahir Pancasila tahun 2023 Tingkat Kecamatan Pacar di halaman SMPN 1 pacar, Pada Kamis, 1 Juni 2023 sekitar pukul 09.00 WITA. Foto/Kondo Randang

Labuan Bajo | Okebajo.com | Mengenakan busana adat Manggarai, Camat Pacar Ferdinandus Saku Pelong, SE memipin Apel Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 tingkat Kecamatan Pacar dilaksanakan dengan penuh hikmah di halaman SMPN 1 Pacar pada Kamis pagi, sekitar pukul 09.00 WITA.

Acara tersebut dihadiri oleh unsur forkopimcam Kecamatan Pacar, pimpinan OPD lingkup Kecamatan Pacar, para kepala sekolah dan guru se-Kecamatan Pacar, Kepala Desa se-Kecamatan Pacar, serta para siswa/i SMP N 1 Pacar.

Dalam upacara tersebut, terpantau bahwa semua peserta mengenakan busana daerah Manggarai, mencerminkan kekayaan budaya lokal yang masih dijaga dan dihargai.

Memperkokoh nilai-nilai Pancasila

Dalam sambutannya, Camat Pacar menyampaikan bahwa peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni bertujuan untuk semakin mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ia menjelaskan bahwa terpilihnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia karena berasal dari nilai-nilai luhur budaya bangsa dan sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia

“Pancasila sebagai dasar negara bukan hanya sekedar registrasi kepribadian sendiri, tetapi juga sebagai pemberi arah bagi masa depan bangsa dan Negara. Lahirnya Pancasila sekaligus merupakan lahirnya cita-cita bangsa dan Negara Republik Indonesia,” jelas Camat Pacar.

Ia menekankan bahwa cita-cita Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagai sila pertama, merupakan dasar yang kukuh untuk memberikan ruang hidup kepada sifat religius bangsa Indonesia. Sila ini juga merupakan jaminan akan adanya kebebasan beragama.

Sementara itu, cita-cita kemanusiaan pada sila kedua menggambarkan watak bangsa Indonesia yang cinta damai, tetapi lebih cinta kemerdekaan. Sila ini menjunjung tinggi martabat manusia tanpa melihat perbedaan ras, jenis kelamin, dan keturunan.

Camat Pacar, Ferdinandus Saku Pelong, SE selaku Pembina Upacara memperingati hari lahir Pancasila Tahun 2023. Foto/Kondo Randang

Selain itu, Camat Pacar menyoroti cita-cita kedaulatan rakyat sebagai penegasan dari sistem kehidupan bangsa yang berdasarkan atas musyawarah, mufakat, dan gotong royong yang terpimpin oleh hasrat pengabdian terhadap kepentingan bersama. Cita-cita keadilan sosial menghendaki terciptanya kemakmuran rakyat secara adil dan merata.

Camat Pacar juga mengakui bahwa mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah.

“Pengaruh globalisasi dan media sosial dapat menciptakan rivalitas pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi kontestasi ideologi. Sehingga masyarakat seringkali mudah terpengaruh oleh isu-isu sara yang berbau hoaks, yang dapat berdampak pada tergerusnya nilai-nilai Pancasila,” Tandasnya

Untuk menghadapi semua ini, Camat Pacar menekankan perlunya perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila dengan cara-cara baru yang luar biasa.

Ia mengajak memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri, dengan bijaksana.

Ia juga mengingatkan untuk menggunakan media sosial dengan baik, menyaring dan mengkaji ulang semua berita dan informasi. Selain itu pentingnya menghindari tindakan profokatif yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Camat Pacar juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, anak-anak sekolah, dan generasi muda Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila guna mewujudkan cita-cita luhur bangsa.

“Bagi anak-anak yang sedang menempuh pendidikan, banyak cara yang dapat kita lakukan dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Mulailah dengan menjalankan perintah agama sesuai kepercayaan masing-masing. Berkata dan berbuat baik sesuai ajaran agama, bersikap ramah, sopan, dan menghargai sesama, mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Selain itu menghargai teman dari suku dan agama yang berbeda. Melatih kolaborasi atau bekerjasama dengan orang lain, menanamkan rasa kepedulian antara sesama. Dan tentunya tetap giat dalam belajar serta selalu menghormati orang tua dan para guru,” harapnya.

Mengakhiri sambutannya Ia mengucapan selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Semoga nilai-nilai Pancasila terus kokoh dan menjadi landasan yang kuat bagi kehidupan kita sebagai bangsa yang kita cintai,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *