Pagi ini, Alat Berat Menderu Singkirkan Material Longsor di Kecamatan Welak

Alat berat Dinas PU Mabar singkirkan material longsoran di Desa Gurung, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (28/2/2024). Foto/Vitalis Djebarus.

Labuan Bajo | Okebajo.com | Suara mesin alat berat Exavator Dinas PU Kabupaten Manggarai Barat menderu sejak kemarin hingga Rabu pagi ini, 28 Feberuari 2024 menyingkirkan berton-ton material longsoran yang menerjang sejumlah titik di Kecamatan Welak.

Bencana Alam longsor itu terjadi pada hari Kamis (22/2) menyusul hujan deras mengguyur wilayah itu sejak Rabu malam hingga Kamis pagi.

Longsor yang terjadi di beberapa titik di Desa Gurung, Kecamatan Welak mengakibatkan arus transportasi publik lumpuh total  tertimbun tanah longsor dan pohon tumbang.

“Pagi ini alat berat mulai beraksi di lokasi longsor di wilayah Desa Gurung.  Kemarin mereka mengurai titik longsor yang terjadi di Desa Wewa, ruas jalan dari Labuan Bajo menuju Desa Gurung. Di situ juga ada longsor yang menutup badan jalan  menuju Desa gurung.  Mereka bersihkan itu kemarin”, ujar Vitalis Djebarus, Rabu pagi.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Mabar, Robert Gardis merincikan
titik longsor sepanjang kurang lebih 40 meter  terjadi di area Wae Gunang menuju kantor Desa Gurung, Kecamatan Welak. Akibatnya jalan putus total tidak bisa dilintasi kendaraan.

Ia menambahkan, titik longsor lainnya juga sepanjang kurang lebih 30 meter juga terjadi di sekitar Kampung Lempa menuju Tangis, Desa Gurung, Kecamatan Welak mengakibatkan jalan putus tidak bisa dilintasi kendaraan.

Material longsoran berupa batu dan pohon tumbang menyulitkan mobilitas warga setempat. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *