Rumah Milik Seorang Warga di Bangka Kantar Hangus Terbakar

Avatar photo

Borong | Okebajo.com | Si jago merah melahap rumah tinggal seorang petani asal kampung Longko, Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong, kabupaten Manggarai Timur, NTT, pada Selasa, (12/09/2023) sekira pukul 09:45 Wita.

Informasi yang dihimpun media ini bahwa saat jejadian, pemilik rumah Yadiyanto Fensius Barut Alung (39) yang saat itu sedang berada di rumah sakit bersama istrinya untuk memeriksa kesehatan anak sulung mereka.

Diceritakannya sekira jam 09:00 mereka ke RSUD Borong. Sementara anaknya yang lain sudah berangkat ke sekolah dari pukul 07:00 Wita.

Kebakaran yang menghancurkan rumah mereka ini tak mereka ketahui sampai keluarga menjemput mereka di RSUD Borong.

Kronologi kejadian

Geradus Mantu yang menjadi orang pertama mengetahui kejadian kebakaran itu hendak bertamu ke rumah tetangga yang bersebelahan dengan rumah korban. Ia terkejut melihat api dan kepulan asap dari rumah korban.

Dalam kondisi panik, Geradus Mantu berinisiatif memanggil warga sekitar untuk memadamkan api. Namun dengan bangunan bagian atas rumah terbuat dari kayu (papan sengon) api tersebut merambat dengan cepat.

Berbagai upaya dilakukan warga sekitar untuk memadamkan api tersebut. Dengan dipadamkan secara manual, bangunan semi permanen tersebut hanya menyisahkan beton bagian bawah rumah.

Selain seng rumah dan kayu, adapun kerugian lain dari kebakaran tersebut berupa surat-surat berharga, beras 6 karung dengan masing-masing berat 50 kg/karung, padi 2 karung,1 buah Tv tabung bermerek Polytron, 1 buah Hp Samsung, perlengkapan Dapur, pakian dan uang Tunai Rp. 1.200.000.00,

Merespon kejadian tersebut, Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Petrus Subin langsung memantau Lokasi kejadian dan tiba di Lokasi sekira pukul 11:00.

Kepada media ini, kadis BPBD Manggarai Timur, Petrus Subin, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat untuk segera dibuatkan Laporan secara resmi.

Sambil menunggu Laporan itu, pihaknya akan menyiapkan anggaran atas kejadian tersebut.

“Ini salah satu bencana. Sebagai Dinas yang bertanggung jawab atas kejadian seperti ini, kami akan memberikan bantuan”, ungkapnya

Petrus Subin juga berjanji akan memberikan bantuan berupa uang Tunai untuk perbaikan rumah tinggal milik korban.

Sementara Kepala Desa Bangka Kantar, Adrianus Mansi Jemahu, mengatakan pemerintah Desa juga siap memberikan bantuan kepada korban.

Ia membeberkan, Desa punya anggaran untuk rehabilitasi rumah. Sehingga untuk perbaikan rumah milik korban akan diambil dari dana tersebut.

Tampak usai kejadian, Bhabinkamtibmas Desa Bangka Kantar memberikan bantuan sembako berupa beras dan telur 2 papan.

Terpantau, pasca kejadian hadir di TKP, kadis BPBD, pemerintah Desa, intelkam Polres Manggarai Timur dan Intelkam Polsek Borong dan Bhabinkamtibmas Desa Bangka Kantar.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *