Geser Marten Mitar, Palu Ketua DPRD Manggarai Barat Berpindah ke Yopi Widiayanti

Avatar photo

Labuan Bajo, Okebajo.com –Suasana ruang rapat paripurna DPRD Manggarai Barat terasa khidmat pada Jumat (30/8/2024) saat Martinus Mitar, Ketua DPRD Manggarai Barat masa jabatan 2019-2024, secara resmi menyerahkan palu kepemimpinan kepada Yopi Widiayanti.

Yopi, yang menjabat dua periode sebagai anggota DPRD, ditunjuk sebagai Ketua Sementara berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dibacakan di ruang paripurna.

Ketua DPRD sementara, Yopi Widiayanti mengungkapkan rasa syukur dan optimisme atas tugas baru yang diberikan oleh DPP Partai NasDem.

“Puji Tuhan, ini merupakan tugas besar dari partai. Mohon doa agar ke depan kita bisa bekerja lebih baik dan selalu sehat,” kata Yopi kepada Okebajo.com, usai pelantikan, Jum’at (30/8).

Sebagai Ketua DPRD Sementara, Yopi berjanji akan bekerja maksimal untuk melanjutkan tugas bersama anggota DPRD masa jabatan 2024-2029.

Ia menekankan pentingnya menjalankan tugas sesuai regulasi dan undang-undang yang berlaku.

“Saya butuh dukungan agar kita semua bisa menjalankan tugas dengan lebih baik, demi Manggarai Barat yang lebih sejahtera,” tegasnya.

Yopi, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD NasDem Manggarai Barat, telah merencanakan rapat perdana bersama anggota dewan lainnya sebagai langkah awal.

“Kami akan mulai dengan rapat pertama, lalu saya akan mengundang seluruh anggota fraksi,” tambahnya.

Ketika ditanya tentang kesiapan jika nantinya ditunjuk sebagai Ketua DPRD definitif, Yopi dengan tegas menyatakan akan menghormati keputusan DPP NasDem.

“Saya siap menerima apa pun keputusan partai. Sebagai kader, kita harus tunduk pada keputusan DPP,” pungkasnya.

Pelantikan ini juga menjadi momen bersejarah bagi 29 anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat periode 2024-2029 yang mengucapkan sumpah dan janji di hadapan Kepala Pengadilan Negeri Labuan Bajo, Ida Ayu Widyarini.

Suasana haru dan kebanggaan terasa ketika Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Wakil Bupati Yulianus Weng, dan sejumlah pejabat penting lainnya turut hadir menyaksikan momen sakral ini.

Menariknya, pelantikan ini juga diwarnai dengan absennya satu anggota terpilih, Christo Mario Y. Pranda, yang memilih tidak dilantik karena mempersiapkan diri sebagai calon bupati dalam Pilkada Manggarai Barat 2024.

Mario, yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilu Legislatif 2024 dengan 4.650 suara, akan maju bersama Richard Tata Sontani sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati. Mario sendiri sebelumya telah mendaftarkan diri ke KPU Mabar menjadi calon bupati Mabar, Kamis (29/08/2024).

Pelantikan ini menetapkan komposisi anggota DPRD yang beragam dari berbagai partai, siap membawa aspirasi rakyat dan menghadapi tantangan lima tahun ke depan:

NasDem: Martinus Mitar, Yovita Dewi Suriany, Benediktus Nurdin, Basilius Sardi Jeramat, Yopi Widiayanti, Alfridus Ndarung dan Syprianus Anjelo.

Demokrat: Paskalis Yosep Sudario, Rikardus Jani dan Benyamin Pamur.

PKB: Sewargading SJ Putera, Fransiskus Karsianus Kun dan Servatius Lestinus Gahang.

Gerindra: Kanisius Jehabut, Warus Martinus dan Fidelis Sukur.

PDIP: Silverius Syukur dan Lazarus Pen.

Golkar: Rofinus Rahmat dan Anselmus Jebarus.

PKS: Saleh Muhidin dan Andi Mamma.

Hanura: Nuryati dan Fabianus Latu.

PAN: Anton Aron dan Inocentius Peni.

Perindo: Hasanuddin dan Bernadus Ambat.

PBB: Ali Sehidun.

Sementara itu, penunjukan Yopi Widiayanti sebagai Ketua Sementara dan Rikardus Jani dari Demokrat sebagai Wakil Ketua Sementara mencerminkan kekuatan dua partai besar yang meraih kursi terbanyak dalam Pemilu Legislatif 2024.

Penulis: Rikardus NompaEditor: Pedi Pathy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *