Banjir Bandang Terjang Lokasi Wisata

BPBD Kabupaten Labuhanbatu mencatat 250 KK di Dusun Aek Pala dan Lobu Indah terdampak bencana banjir bandang. Foto/BNPB

Sumatera Utara | Okebajo.com | Banjir bandang menerjang  wilayah pemukiman dan lokasi wisata di Desa Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara pada Sabtu (2/12/2023) pukul 20.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Labuhanbatu, Darwin Yusmah mengatakan, hujan lebat yang terjadi pada Jumat lalu (1/12) menyebabkan debit air Sungai Aek Pala sehingga banjir bandang tak dapat dihindari di bagian hilir.

Pemukiman warga dan tempat wisata Aek Pala terdampak bencana tersebut.

“Meskipun tidak ada korban jiwa, namun mengakibatkan kerusakan fasilitas umum dan melumpuhkan ekonomi masyarakat setempat. Banjir bandang juga mengakibatkan terganggunya aktivitas warga di Dusun Aek Pala dan Dusun Lobu Indah water-boom yang  terkena dampak banjir bandang,” ujar Daniel Hamonangan Manurung, analis kerusakan fisik BPBD Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (2/12).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu mencatat 250 KK di Dusun Aek Pala dan Lobu Indah terdampak bencana banjir bandang tersebut.

Hasil kaji cepat BPBD menyebutkan bangunan rumah mengalami rusak berat. BPBD masih mendata tingkat kerusakan warga.

Selain itu, fasilitas umum berupa tanggul dan beronjong penahan air sungai rusak berat. Arus kuat banjir bandang menggerus fasilitas itu. Kondisi ini dapat memicu longsoran di daerah lereng yang terdapat fasiltias tempat ibadah.

Sedangkan tempat wisata pemandian Aek Pala dan pemandian water-boom Dusun Lobu Indah sementara waktu ditutup untuk umum.

Merespons kejadian itu, BPBD setempat telah mengimbau warga untuk mengantisipasi potensi bahaya susulan. Hal tersebut mewaspadai curah hujan tinggi di tengah musim penghujan.

Personel BPBD dan unsur terkait turun ke lokasi untuk memberikan pertolongan dan memastikan proses penyelamatan warga. *

Sumber: InfoBencanaBNPB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *