Polisi Perketat Keamanan 103 Gereja di Manggarai Barat

Polres Manggarai Barat berkomitmen perketat keamanan selama perayaan Paskah. Foto/Humas Polres Manggarai Barat.

Labuan Bajo|Okebajo.com|Kepolisian Resor Manggarai Barat melakukan pengamanan ketat di sejumlah Gereja yang ada di Kota Labuan Bajo dan ratusan Gereja Paroki/Stasi  yang tersebar di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si melalui Kasi Humas, IPTU Eka Darma Yuda menerangkan pengamanan ketat Gereja dilakukan untuk menjamin keamanan umat atau jemaat Kristiani yang merayakan Paskah, mulai Kamis Putih, Jumat Agung hingga hari raya Paskah.

“Polres Mabar memperketat pengamanan wilayah dan gereja-gereja menjelang Pekan Suci Paskah tahun ini guna memberikan rasa aman dan nyaman di tengah masyarakat,” terang IPTU Eka Darma Yuda, Kamis, 6 April 2023.

Pengamanan 103 Gereja

Perwira balok dua  itu menjelaskan, ada sekitar 103 gereja, baik Gereja Katolik (Paroki dan Stasi) maupun Gereja Protestan yang tersebar di Kabupaten Manggarai Barat.

Ratusan Gereja mendapat pengamanan 200 personel gabungan Polres Manggarai Barat, Sat Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo dan Kodim 1612/Manggarai.

“200 personel dari Brimob, Polres dan Polsek jajaran untuk melaksanakan penjagaan di rumah-rumah ibadah dan patroli wilayah ditambah petugas TNI dan Pemda Mabar,” jelasnya.

Tidak hanya  Gereja. Polisi juga  mengawasi sejumlah objek vital dan tempat-tempat keramaian yang ada di kawasan Destinasi Pariwisata Super Premium Labuan Bajo.

“Sebagai antisipasi kami juga akan melakukan sterilisasi gereja sebagai pemenuhan standar operasional prosedur yang harus dilaksanakan oleh Kepolisian untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif kepada warga yang sedang menunaikan ibadah,” katanya.

Ia mengatakan, personel yang bertugas akan memakai atribut dan peralatan yang lengkap.

Petugas juga akan menyisir seluruh sudut ruangan gereja dan lingkungan sekitar untuk memastikan tidak ada benda yang membahayakan.

“Kami bersama TNI, Satpol PP, dan Dishub serta instansi terkait lainnya berupaya untuk menjaga keamanan warga Manggarai Barat dan akan memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di Gereja pada masa Paskah ini,” ungkapnya.

Polres Manggarai Barat mengerahkan personel bersenjata lengkap mengintensifkan patroli baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

“Sebagai bagian dari pengetatan pengamanan kami akan mengintensifkan kegiatan patroli. Selain itu, juga akan mengerahkan personel dengan bersenjata lengkap,” ujarnya.

Dia mengajak seluruh masyarakat Manggarai Barat agar bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan masing-masing.  Tugas menjaga keamanan merupakan kewajiban semua pihak, instansi, dan seluruh elemen masyarakat. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *