Jelang KTT ASEAN Summit, Kapolres Manggarai Barat  Tinjau SPAM Wae Mese II

Jelang KTT ASEAN Summit, Kapolres Manggarai Barat  Tinjau SPAM Wae Mese II
Dirut Perumda Wae Mbeliling, Aurelius Hubertus Endo, ST  dampingi Kapolres Ari Satmoko saat meninjau SPAM Wae Mese II, Senin, 17 April 2023.Foto/Humas Polres Manggarai Barat.

Labuan Bajo | Okebajo.com |Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, SH., S.I.K., MM mengecek ketersediaan air minum bersih SPAM Wae Mese II menjelang perhelatan internasional KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo, Mei 2023.

Direktur Utama Perumda Wae Mbeliling, Aurelius Hubertus Endo, ST  mendampingi Kapolres Ari Satmoko saat meninjau Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Wae Mese II di Desa Watu Nggelek, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Senin, 17 April 2023.

Di lokasi SPAM Wae Mese II, Kapolres Ari Satmoko melihat secara langsung proses pengolahan air yang diambil dari Sungai Wae Mese.

Dia berharap, SPAM Wae Mese II mampu memenuhi kebutuhan air untuk kawasan destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo, khususnya selama perhelatan internasional KTT ASEAN Summit Mei 2023 mendatang.

Tidak hanya itu, kata Kapolres. Ia pun  berharap agar SPAM Waw Mese II dapat memastikan ketersediaan air minum bersih untuk pemenuhan  kebutuhan masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.

“Mengingat sebentar lagi akan dilaksanakan event internasional KTT ASEAN Summit, maka ketersediaan air minum bersih sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut,” ungkapnya Kapolres Ari Satmoko, Selasa siang tadi.

“Sebagai tuan rumah, kita harus memberikan pelayanan maksimal bagi para kepala negara bersama rombongan yang hadir, baik itu dalam hal pengamanan maupun ketersediaan kebutuhan para tamu negara, salah satunya air minum bersih,” tegasnya.

Kapasitas 1000 liter/detik

Dirut Perumda Wae Mbeliling, Aurelius Hubertus Endo memastikan harapan Kapolres Ari Satmoko bisa terwujud.

Ia menerangkan SPAM Wae Mese II dibangun untuk mengantisipasi devisit air minum bersih khususnya di wilayah Kota Labuan Bajo dan sekitarnya.

SPAM Wae Mese II, jelas Endo, mampu mengolah air dengan kapasitas 100 liter/detik.

SPAM Wae Mese II dibangun untuk melengkapi SPAM Wae Mese yang sebelumnya telah dibangun dengan kapasitas 40 liter/detik.

“Sumber air berasal dari Sungai Wae Mese dan akan dialirkan ke Reservoir Wae Mata yang berkapasitas 2.000 m3 untuk melayani lima reservoir, yaitu Reservoar Bappeda, Golokoe, Firdaus, Gua Batu Cermin dan DPRD,” jelas Endo kepada Kapolres Ari Satmoko.

Endo menjelaskan lagi SPAM dibangun sejak tahun 2020 oleh Pemerintah Pusat merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penataan infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo.

“SPAM Wae Mese II sendiri dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp159 miliar. SPAM yang dibangun pada tahun 2020 ini bermanfaat untuk menyediakan kebutuhan air minum bersih bagi masyarakat di Labuan Bajo sebanyak 8.000 sambungan rumah atau setara dengan 40 ribu jiwa,” ujarnya. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *