SMKN 1 Labuan Bajo Gelar Pesantren Ramadhan  Tingkatkan Kecakapan Literasi Tilawah

Kegiatan Pesantren Ramadhan bertajuk   "Kokohkan Hati dengan Iman, Taklukkan Dunia dengan Al-Quran" di ruang AKL SMKN 1 Labuan Bajo, 13-15 April 2023. Foto/Paje

Labuan Bajo | Okebajo.com | SMKN 1 Labuan Bajo menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan bertajuk   “Kokohkan Hati dengan Iman, Taklukkan Dunia dengan Al-Quran”.

Kegiatan ini digelar di ruang progam keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMKN 1 Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat selama tiga hari, 13-15 April 2023.

Ustaz Muhammad Syukron, S.Pd.I  dari Pondok Pesantren Nurul Ikhlas NW Werang Kecamatan Sano Nggoang menjadi narasumber kegiatan Pesantren Ramadhan yang diikuti 115 pelajar SMKN 1 Labuan Bajo yang beragama Islam.

Dahlimin Dalimado, S.Pd.I, pembina keagamaan/kerohanian Islam SMKN 1 Labuan Bajo didapuk menjadi pemandu kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Labuan Bajo, Viktoria T. Wulang, S.Pd membuka kegiatan Pesantren Ramadhan secara resmi.

Tatkala membuka kegiatan itu, Viktoria mengucap selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan kepada 115 peserta didiknya yang beragama Islam.

“Saya atas nama pribadi dan lembaga SMKN 1 Labuan Bajo mengucapkan selamat menjalankan ‘Ibadah Puasa Ramahdan’ kepada kalian semua yang hadir di sini” ucap Viktoria yang akrab disapa ibu Tory, Kamis petang.

Ibu Tory berharap peserta didiknya mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan dengan penuh sukacita seraya mendaraskan sholawat dan salam kepada segenap para Nabi dan Rasul Allah.

“Tentu kita patut bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena dapat menyelenggarakan kegiatan Pesantren Ramadhan di SMKN 1 Labuan Bajo dalam suasana bahagia dan penuh suka cita. Saya berharap semoga di bulan yang penuh rahmat ini, peserta didik mendapatkan berkah serta diampuni atas segala nista, serta melambungkan solawat dan salam kepada segenap para Nabi dan Rasul Allah, terkhusus kepada Rasulullah Muhammad saw”, ucapnya.

Ibu Tory menerangkan Pesantren Ramadhan sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa beragama Islam pada seni baca ‘Tilawatil Quran’.

Tidak hanya itu. Melalui kegiatan ini, peserta didik beragama Muslim dapat menimba pengalaman belajar Tilawah serta menerapkan kecakapan Tilawah dalam kehidupan sehari-hari. Menumbuhkembangkan kepribadian berbudi luhur dan menguasai Iptek.

Dengan demikian, out put yang dihasilkan dapat mengisi setiap momentum pegelaran MTQ pada semua tingkatan di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

“Dalam kegiatan pesantren ini tentu satu hikmah yang didambakan adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik beragama Islam, lebih khusus literasi ‘seni baca’ yang dikenal dengan “Tilawatil Quran”. Semoga melalui kegiatan ini kalian dapat menimba pengalaman belajar Tilawah, menerapkan kecakapan Tilawah dalam kehidupan sehari-hari”, harapnya.

Pembina keagamaan/kerohanian Islam
SMKN 1 Labuan Bajo, Dahlimin menjelaskan Pesantren Ramadhan sebagai progam melekat setiap momentum Ramadhan.

Dahlimin menjelaskan lebih rinci kegiatan Pesantren Ramadhan ini berdasar Surat Edaran Kementerian Agama melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor B984/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/03/2023. Ditindaklanjuti dengan Surat Himbauan Kanwil Kemenag Provinsi NTT Nomor : B-305/Kw.20.2/PP/03/2023.

“Adapun isi himbauan tersebut telah terbaca dan telah dipelajari, khususnya oleh guru pengampuh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti,” terang Dahlimin.

Dahlimin menjelaskan lagi keterkaitan kegiatan Pesantren Ramadhan dengan elemen mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah.

“Kegiatan ini sesuai capaian pembelajaran pada aspek Al-Qur’an sebagai bentuk penguatan penanaman nilai-nilai Al-Qur’an guna pembentukan pribadi siswa yang bertaqwa dan berahlak mulia dalam kehidupannya sehari-hari”, jelasnya.

Ustadz Dahlimin kemudian menguraikan 7 notasi Tilawah AlQur’an yang dipelajari oleh para peserta didiknya selama kegiatan itu berlangsung.

Adapun 7 notasi tilawah, yaitu Notasi Bayati, Notasi Shoba, Notasi Hijaz, Notasi Rast, Notasi Sika, dan Notasi Nahwan.

Closing statement, Ustadz Dalimin  mengucap terima kasih kepada Kepala SMKN 1 Labuan Bajo yang telah mendukung sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi.
Terima kasih senada juga kepada Ustaz Muhammad Syukron yang berkenan hadir menjadi narasumber kegiatan Pesantren Ramadhan di SMKN 1 Labuan Bajo. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *