481 Peserta Didik SMKN 1 Labuan Bajo Ikut Uji Kompetensi Keahlian Mandiri

Peserta didik SMK Negeri 1 Labuan Bajo saat mengIkuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun Pelajaran 2022/2023. Foto/Paje

Labuan Bajo | Okebajo.com | SMK Negeri 1 Labuan Bajo melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun Pelajaran 2022/2023, 11-19 April 2023.  UKK SMK merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan SMK.

Pelaksanaan UKK SMK sangat penting, karena hasil dari evaluasi ini akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan kelulusan siswa kelas XII.

Jenis UKK yang dilakukan oleh SMKN 1 Labuan Bajo tahun ini merupakan UKK mandiri, melibatkan mitra dunia kerja sebagai bentuk endorsement.

Uji kompetensi ini terdiri atas penilaian aspek pengetahuan, keterampilan yang dilakukan di hadapan para penguji/asesor.

Asesor terdiri dari 6 penguji eksternal, yaitu penguji yang diundang dari industri atau instansi terkait dan 6 penguji internal merupakan guru produktif dari masing-masing program keahlian SMKN 1 Labuan Bajo.

481 peserta didik SMK Negeri 1 Labuan Bajo Ikut Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Tahun Pelajaran 2022/2023, 11-19 April 2023. Foto/Paje

Asesor internal

Adapun delegasi guru produktif sebagai asesor atau penguji internal tersebar pada 6 program keahlian SMKN 1 Labuan Bajo, yaitu ;

Pertama, asesor kompetensi keahlian Usaha Layanan Pariwisata (ULP), Heribertus Helgar, SE.

Kedua, asesor kompetensi keahlian Tata Boga/Kuliner, Hubertus Harman, S.Pd.

Ketiga, asesor kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan (APH), Praxedis Jemini, A.Md

Keempat, asesor kompetensi keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), Marten Inggur, ST.

Kelima, asesor kompetensi keahlian
Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG), Marselinus B. Jemaru, S.Kom.

Keenam, asesor kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Hilarius Harson, SE.

Asesor eksternal

Sementara itu 6 asesor eksternal yang hadir UKK di SMKN I Labuan Bajo adalah ;

Pertama, asesor  jurusan AKL, Rikardus H. Kumat, SE dari Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Manggarai Barat.

Kedua, asesor jurusan APH, Heribertus Hadis, SE dari Atlantis International College Labuan Bajo.

Ketiga, asesor jurusan PPLG,  Patriksius Y.B. Mari, S.Kom dari Kantor Kominfo Labuan Bajo.

Keempat, asesor jurusan ULP, Adrianus Keh, S.S dari ASITA Labuan Bajo dan sekaligus Operation Staff di Manumadi Tours and Travel.

Kelima, asesor jurusan Tata Boga, Sigit Endarsetyawan dari Hotel Purisari Labuan Bajo.

Keenam, asesor jurusan TJKT, Yohanes Gonzales dari Telkom Labuan Bajo.

481 peserta ikut UKK Mandiri

Jumlah peserta didik yang mengikuti UKK Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 481 orang.

Rinciannya, 64 orang peserta didik  Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). 60borang Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), 62 orang Kompetensi Keahlian Akuntansi & Keuangan Lembaga (AKL), 97 orang Kompetensi Keahlian Tata Boga (TB), 99 orang Kompetensi Keahlian Perhotelan (Hotel) dan 99 orang Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Pelaksanaan UKK moda luring bertempat di ruang TUK masing-masing program keahlian. Asesor internal kompetensi keahlian AKL, Hilarius Harson menjelaskan UKK kompetensi keahlian AKL diuji secara manual dan komputerisasi.

“Soal uji praktek kompetensi AKL diuji dalam dua bentuk yaitu secara manual dan komputerisasi. Bentuk soal penugasan secara perorangan (praktik) dan dengan judul tugas praktek yang dikerjakan oleh peserta UKK yaitu ‘menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang dengan metode persediaan AVERAGE, “jelas Bendahara 1 Komite SMKN 1 Labuan Bajo, Kamis (23/4/2023) di ruang TUK AKL.

Asesor lainnya, Praxedis Jemini menambahkan, UKK kompetensi keahlian perhotelan dengan jenis tugas secara perorangan dan judul tugas klaster penyediaan reception dan klaster layanan penyiapan akomodasi kamar untuk tamu (KKNI) Level II pada kompetensi Keahlian Perhotelan.

“Peserta UKK jurusan hotel mengerjakan soal uji kompetensi secara perorangan dan siswa diminta mengerjakan tugas yang diberikan oleh penguji”, ujarnya.

Adapun judul tugas yang diberikan yaitu klaster penyediaan reception dan klaster layanan penyiapan akomodasi kamar untuk tamu (KKNI) Level II pada kompetensi Keahlian Perhotelan.

Heribertus Helgar, penguji internal kompetensi keahlian ULP menyampaikan hal senada.  Peserta UKK jurusan UPW mengerjakan 2 uji kompetensi, yaitu tour planning dan tour guiding.

Dalam tour planning, peserta UKK membuat perencanaan paket wisata, sedangkan tour guiding, peserta UKK melakukan praktek pemanduan perjalanan wisata.

“Siswa kelas XII jurusan ULP mengerjakan 2 mata uji kompetensi dalam UKK, yakni tour planning dan tour guiding,” jelas mantan Sekertaris Program AKL. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *