Misteri Kereta Hantu Manggarai, Legenda Kelam di Tengah Kota

Misteri Kereta Hantu Manggarai, Legenda Kelam di Tengah Kota
Misteri Kereta Hantu Manggarai, Legenda Kelam di Tengah Kota. Foto : Kesibukan di Stasiun Manggarai pada tahun 1951. (Sumber : NVBS)

Okebajo.com | Indonesia negeri kaya akan tradisi, budaya, dan mitos yang menghiasi sejarahnya.

Salah satu cerita yang menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Indonesia adalah urban legend atau legenda perkotaan.

Salah satu urban legend yang sangat terkenal di Jakarta adalah cerita tentang kereta hantu Manggarai.

Manggarai, sebuah stasiun kereta api yang terletak di pusat Jakarta, menjadi lokasi dari urban legend yang menghebohkan ini.

Menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, kereta hantu Manggarai adalah kereta kuno yang terus menerus melintasi stasiun pada malam hari, dihuni oleh roh-roh penumpang yang tidak tenang.

Kisah ini berawal dari masa kolonial Belanda, ketika Manggarai masih merupakan stasiun kereta api yang ramai.

Stasiun Manggarai yang kini menjadi pusat sentral ternyata menyimpan urban legend bernuansa horor yang membuat bulu kuduk merinding.

Bagaimana tidak, beberapa peristiwa mistis pernah terjadi sebelumnya di stasiun ini seperti yang diceritakan oleh akun TikTok @Ghina Eroz.

Melansir dari Okezone, Klip singkat yang sukses ditonton 2,4 juta dan 312,1 ribu penyuka itu mengulas Stasiun Manggarai yang dibangun pada tahun 1914. Stasiun tersebut kemudian diresmikan empat tahun setelahnya yakni tahun 1918.

“Sebelum stasiun ini dibangun, tanahnya itu digunakan sebagai pasar. Nah yang punya, dulunya adalah orang asli Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Makanya, setelah dibangun stasiun ini  dinamai Manggarai,” ungkap TikToker dengan akun @Ghina Eroz pada klip yang diunggahnya.

Usia Stasiun Manggarai yang telah lebih seabad itu diyakini menyebabkan banyaknya kejadian horor terjadi di tempat ini.

Mungkin bagi Anda yang lahir di tahun 90-an akan tahu film berjudul ‘Kereta Hantu Manggarai’.

Film itu dihasilkan berdasarkan urban legend yang ada di Stasiun Manggarai, dipercayai oleh masyarakat sekitar menurut pengunggah jika di stasiun ini terdapat kereta hantu. Kereta yang hanya memiliki empat gerbong tanpa masinis.

“Ada cerita nih dari Pak Slamet. Dahulu, dia pernah lihat ada laki-laki seperti kebingungan gitu turun di Stasiun Depok. Nah, laki-laki ini turun sekitar jam 11 malam guys. Dan dia tuh nanya ke Bapak ini (Slamet), kapan jadwal kereta selanjutnya,” tuturnya.

Lebih lanjut bercerita, “Nah, Pak Slamet bilang dong, ‘Nanti jam 5, soalnya sekarang sudah tutup dari jam 10 malam tadi. Tidak ada lagi, kereta yang beroperasi’.”

Dari jawaban Pak Slamet, pria yang bertanya itu masih terlihat bingung danmengaku jika dirinya baru saja turun dari kereta. Pak Slamet langsung menjawab; “Tidak mungkin, ini kereta telah berhenti beroperasi dari jam 10 malam tadi,”

Kemudian, Pak Slamet bertanya kepada pria yang tak diungkap identitasnya itu. Menurutnya, kereta yang dinaikinya memang aneh. Seluruh penumpang wajahnya terlihat pucat, hanya terdiam dengan mata melotot.

Yang lebih mencengangkan, si penumpang pria tadi sempat meminjam surat kabar atau koran dari salah satu penumpang di kereta yang ia naiki.

Koran itupun ia perlihatkan kepada Pak Slamet tadi. Alangkah terkejutnya Pak Slamet saat melihat koran tersebut ternyata cetakan tahun 1953.

Tak dipungkiri, jika kisah horor tentang kereta hantu di Manggarai bukan hanya dirasakan oleh pria tadi melainkan juga dialami oleh penjaga pintu kereta api.

Penjaga kereta api dikejutkan dengan kedatangan gerbong kereta tanpa lampu yang melewatinya pada pukul 04.00 Padahal, jadwal sebenarnya kereta mulai beroperasi pukul 05.00. Si penjaga kereta api ini, juga melihat seluruh gerbong kosong tanpa penumpang dan masinis.

Beberapa cerita mistis tersebut lah yang diyakini si pengunggah video menjadi urban legend Stasiun Manggarai yang sudah dikenal dari mulut ke mulut.

Apakah kereta hantu Manggarai benar-benar ada? Hanya waktu yang dapat memberikan jawaban pasti. Sampai saat itu, cerita ini akan terus diceritakan, mengundang imajinasi dan keingintahuan orang-orang, serta memperkaya mitos dan legenda perkotaan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *