Dedek Hara, Memukau Hati dengan Keindahan Air Terjun Tersembunyi di Manggarai Barat

Dedek Hara, Memukau Hati dengan Keindahan Air Terjun Tersembunyi di Manggarai Barat
Cunca Dedek Hara, spot wisata baru yang terletak di Mbelale Romang, Desa Romang, kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Foto/Ist

Labuan Bajo | Okebajo.com | Manggarai Barat bukan hanya terkenal dengan Taman Nasional Komodo yang mengagumkan, tetapi juga menyimpan destinasi alam yang memikat hati. Salah satunya adalah air terjun Cunca Dedek Hara, tempat yang memukau dengan keindahan alamnya yang memesona dan cocok untuk berfoto-foto di Instagram.

Terletak di Mbelale Romang, Desa Romang, kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, air terjun Cunca Dedek Hara menjadi salah satu spot wisata baru yang wajib untuk mengunjunginya.

Di Desa Romang ini, wisatawan tidak hanya dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang menenangkan dan menyegarkan mata, hati, dan pikiran, tetapi juga dapat melakukan berbagai aktivitas petualangan seperti healing, trekking, hiking, dan camping.

Air terjun ini mengalir di antara bebatuan besar, menghasilkan suara deras yang khas dan menenangkan. Airnya yang jernih berwarna toska memikat setiap mata yang memandang.

Namun, untuk mencapai lokasi ini, wisatawan harus siap menghadapi tantangan yang cukup ekstrem karena medan yang menantang.

Meskipun demikian, perjalanan menuju air terjun ini juga akan memberikan pengalaman eksplorasi alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan.

Air terjun Cunca Dedek Hara memiliki ketinggian antara enam hingga sepuluh meter dan terletak di hutan Negara, tepat di samping ruas jalan kabupaten menuju kampung Nanga Kantor, Desa Nanga Kantor, Kecamatan Macang Pacar.

Perjalanan menuju lokasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung dari titik awalnya. Dari kota Labuan Bajo, perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam, sedangkan dari Desa Romang hanya sekitar tiga puluh hingga empat puluh menit.

Meskipun medannya menantang, jalur menuju air terjun ini sebagian besar masih terbuat dari telfor dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat, terutama pada musim kemarau.

Menariknya, air terjun ini belum mendapatkan sentuhan langsung dari pihak pemerintah setempat. Meskipun begitu, air terjun ini memiliki peran penting sebagai sumber air minum bersih bagi warga kampung Nanga Kantor serta memenuhi kebutuhan bercocok tanam mereka.

Jadi, jika Anda mengunjungi Manggarai Barat, jangan lewatkan untuk mengeksplorasi keindahan air terjun Cunca Dedek Hara.

Nikmati pesona alam yang menakjubkan, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan rasakan kedamaian yang hanya dapat kita temukan di tempat ini.

Air terjun ini bukan hanya akan menggetarkan hati Anda, tetapi juga memberikan kenangan tak terlupakan. **

Jangan lupa baca berita menarik dari Oke Bajo di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *