Membentuk Karakter Peserta Didik SMAK Loyola Labuan Bajo Melalui Literasi Akademik

Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, P. Agustinus Susanto Naba, SVD saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan di Arnold Jansen Hall, Rabu (8/11/2023). Foto/Dok.SMAK Loyola.

Labuan Bajo | Okebajo.com | Memperingati Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan 2023, Civitas Akademika SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo menggelar aneka kegiatan akademik bertajuk “Literasi dalam Kebhinekaan untuk Mewujudkan Kemajuan Bangsa”.

Jenis kegiatan yang diperlombakan, yakni debat bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, storytelling, speech, lomba cipta dan baca puisi, lomba penulisan majalah dinding antarkelas, pemilihan duta bahasa, dan cerdas-cermat bahasa Jerman dengan format online.

Rangkaian kegiatan ini berlangsung di Arnold Jansen Hall selama dua hari, Rabu-Kamis (8-9/11/2023) dan puncaknya bertepatan dengan perayaan Hari Pahlawan, 10 November 2023.

Pelaksanaan kegiatan semarak Bulan Bahasa dan hari Pahlawan ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawasa (Korwas) SMA/SMK se-Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Hansko.

Semarak Bulan Bahasa dan Hari Pahlawan, SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo menggelar aneka kegiatan literasi akademik. Foto/Dok.SMAK Loyola

Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, P. Agustinus Susanto Naba, SVD menandaskan bahwa apapun jenis kegiatan atau acara yang dilaksanakan tentu bukan semata-mata mencari juara.

Yang paling penting adalah bagaimana setiap peserta lomba menjalani proses persiapan hingga mendapat hasilnya. Melalui proses persiapan itu, peserta didik menunjukkan karakter mereka seperti aspek kedisiplinan, ketekunan, kesabaran, berkorban, kerja-sama, rendah hati, dan tanggung-jawab.

“Setiap peserta didik diberikan kesempatan yang sama dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri kalian masing-masing. Salah satu kesempatan yang harus betul-betul dimanfaatkan adalah kegiatan seperti ini”, demikian pesan P. Agustinus Susanto Naba, SVD saat memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Senada, Ketua panitia pelaksana, Florianus Sumardi Arjo, S.Pd menjelaskan kegiatan perlombaan merupakan wadah penyalur potensi peserta didik sekaligus motivasi bagi yang lain untuk bersaing dalam bidang akademik maupun non akademik.

Florianus berharap agar melalui beberapa kegiatan tersebut bisa membangkitkan motivasi dan inisiatif para peserta didik untuk mengasah kemampuan akademik dan keterampilan serta memiliki kemampuan mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki secara khusus dalam berliterasi sehari-hari.

Kegiatan perlombaan ini berlangsung sangat meriah karena antusias seluruh peserta didik, baik yang terlibat secara langsung dalam mata lomba maupun mereka yang mendukung perwakilan kelas masing-masing.

Suasana di ruangan perlombaan semakin meriah dengan penampilan acara-acara hiburan yang sangat menghibur dan atraktif.

Telkomsel branch Flores memberikan bantuan pulsa pendidikan siswa berprestasi melalui Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, P. Agustinus Susanto Naba, SVD. Foto/Dok.SMAK Loyola.

Hadiah uang tunai & Sertifikat

Selanjutnya pada hari puncak kegiatan, Jumat (10/11/2023)
setelah upacara bendera bersama civitas akademika SMP Arnoldus Labuan Bajo, Panitia mengumumkan hasil perlombaan sekaligus penyerahan hadiah berupa sertifikat dan uang tunai.

Juara Lomba Pidato Bahasa Inggris Kelas X

Adalah Jeriko M. Rafael meraih Juara 1 Lomba pidato (speech) Bahasa Inggris Kelas X.  Juara 2  Natalia G. Jehadis dan Juara 3 Eufrasia Egar.

Juara lomba Storytelling kelas X

Fiora Asmara meraih Juara 1  lomba Storytelling kelas X. Juara 2  Theresia Juita dan Juara 3 Glen Yesaya

Juara lomba Storytelling kelas XI

Juara 1 Scolastika F. Bahang, Juara 2 Beatrix A.Y. Ningsi dan  Juara 3 Olga Benedikta.

Lomba Debat 

Juara 1 Grevansius Jena, Angel Gian T.P. Guntur, Maria Alexandra Lumangkung.

Juara 2 : Yosephine F. Agnes De Wangge, Agnes Asisi Canai, Maria Yosela Kurniawati.

Juara 3 : Maria Renata Clementino, Avila Mathew Glorianco, Fransisca Marsya Febriyani.

Lomba Cipta dan Baca Puisi  (Bahasa Indonesia)

Juara 1 Maria Lidwine Ratu. Juara 2 Floriana Tiara Putri Sabda. Juara 3 Laurensia C. Goflin.

Duta Bahasa

Juara 1 Kelas XI F ; Julian Cahyasakti Wijaya Kusumah dan Dewi Julia Darung.

Juara  2 Kelas XI D ; Makariano Sergio Nabun dan Roslinde Efelin.

Juara 3 Kelas XI A ; Dominik Vernando Savio dan Febrya Angelena  Leo.

Pemenang Majalah Dinding Terbaik 

Juara 1 Kelas XII Bahasa 1, Juara 2  XII IPA 1 dan Juara 3  Kelas X C

Pemenang Debat 

Juara 1 Kelas XI A, Juara 2 Kelas XI C, Juara 3  Kelas XI B

Lomba Cerdas-Cermat Bahasa Jerman

Juara 1 Kelas X F, Juara 2 Kelas X E dan Juara 3 Kelas X C.  *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *