Natal Meneladani Semangat Kerendahan Diri, Kesederhanaan dan Kebersamaan

Labuan Bajo | Okebajo.com | Ribuan umat bersuka cita merayakan Misa Malam Natal di Kapela Stasi Hati Amat Kudus Tuhan Yesus -Roe, Paroki Rekas, 24 Desember 2023 pukul 18.00 Wita.

Nuansa keagungan malam Natal terpancar dari nyala lilin dan lampu warna-warni pohon Natal dan kandang Natal di depan Altar.

Perayaan Ekaristi dimulai pukul 18.00 Wita. Diawali dengan maklumat Natal dilanjutkan dengan perarakan diringi tarian anak-anak SDK Roe dengan alunan musik koor meriah umat KBG St. Petrus.

Imam yang memimpin Misa Malam Natal di Kapela Roe adalah Romo Emil Sarimas dari SMAK Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo.

Kerendahan diri dan Kesederhanaan

Dalam renungannya, Romo Emil menyebut Natal adalah peristiwa kelahiran Yesus anak Allah ke tengah dunia untuk merealisasikan suatu rencana Allah, yaitu rencana untuk menyelamatkan manusia.

Kehadiran Yesus sang juru selamat yang lahir ke tengah dunia adalah bukti nyata cinta kasih Allah kepada kita umat manusia. Karena itu Natal adalah suatu momen untuk bersyukur.

“Yang melandasi Natal adalah semangat mengosongkan diri atau merendahkan diri dan semangat kesederhanaan. Semangat inilah yang hendak kita renungkan pada momen Natal ini”, kata Romo Emil.

Romo juga mengajak umatnya untuk senantiasa meneladani  dua semangat  yang menonjol pada diri para gembala. Para gembala adalah orang-orang yang  memiliki kesederhanaan hidup.

Natal memberikan kita kesempatan untuk meneladani semangat kesederhanaan dan semangat kebersamaan para gembala.

Natal mengajak kita sekalian untuk memiliki semangat kesederhanaan. Karena dalam semangat kesederhanaan, Yesus datang menjumpai kita.

Natal juga membawa suka cita yang dilandasi oleh semangat kebersamaan. Gembala tidak pernah menggembalakan dombanya secara sendiri-sendiri, selalu dalam kebersamaan.

“Karena hanya dengan semangat kebersamaan, para gembala dapat menghadapi tantangan secara bersama-sama. Hanya dengan kebersamaan kita mampu menghadapi tantangan hidup ini”, tandasnya.

Misa Malam Natal berlangsung aman dan terkendali berkat kerja sama  panitia, pengurus Dewan Stasi Roe, Bhabinkamtibmas Bripka Hendrikus Deni dan Satuan Linmas Desa Cunca Lolos yang siaga di luar Kapela. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *