Tim Asesor Akreditasi Lakukan Visitasi di SMAN 2 Macang Pacar

Labuan Bajo | Okebajo.com | Tim  Asesor Badan Akreditasi sekolah dari Universitas Katolik St. Paulus Ruteng Fabianus Gangkur, S. Fil. MP dan  Dr. Marianus Mantovany Tapung, S. Fil. M. Pd melakukan visitasi  akreditasi di SMA Negeri 2 Macang Pacar pada Senin, 27 Maret 2023.

Dalam pelaksanaan visitasi akreditasi kedua asesors ini didampingi oleh pengawas binaan sekolah, Lorensius Idin, S. Pd. Hadir juga Ketua Komite SMAN 2 Macang Pacar, Duta Hilarius dan Agustinus Guhami.

Tim  Asesor Badan Akreditasi
diterima secara adat ‘tuak suru dan manuk kapu dan pengalungan di gerbang sekolah diiringi tarian ronda menyambut kehadiran tamu oleh siswa-siswi SMA Negeri 2 Macang Pacar.

Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 2 Macang Pacar,  Yufentus Panok, S.Pd., Gr mengucapkan selamat datang untuk tim asesor visitasi akreditasi sekolah.

“Kegiatan visitasi ini merupakan sebuah kerinduan buat kami yang berada di lembaga ini”, terang Yuvens.

Dr. Marianus Mantovany Tapung dalam sambutannya menjelaskan kegiatan akreditasi merupakan proses pengukuran kinerja secara transparan dan akuntabel pada satuan pendidikan.

“Pemahaman akreditasi penting untuk ditanamkan dalam diri kita. Alasannya adalah akreditasi merupakan salah satu instrument yang dibuat pemerintah untuk mengontrol mutu, budaya layanan jasa pendidikan di satuan pendidikan kita. Akreditasi mengukur kinerja kita secara akuntabel dan transparan”, tutur Mantovany.

Akreditasi sangat penting  untuk mengukur sejauh mana  peningkatan perkembangan  kualitas pendidikan (quality improvement). Hal ini berkaitan dengan output dan keterserapannya di perguruan tingggi.

Di samping itu, akreditasi itu penting untuk legasi dan pengakuan masyarakat tentang lembaga pendidikan.

Asesor  lainnya, Fabianus Gangkur menekankan pada aspek teknis  kegiatan akreditasi.

“Mutu sekolah dan bagaimana prospeknya ke depan  lebih dilihat dari pengelolaan  dan manajemen, mulai dari kepala sekolah, bapak-bapak guru dan mutu guru serta proses pembelajarannya  dalam kelas untuk peningkatan mutu”, ungkap Fabianus.

Sementara itu, pengawas binaan sekolah, Lorensius Idin menjelaskan kegiatan visitasi akreditasi  merupakan rujukan untuk guru dalam memaksimal kerja dalam proses pembelajaran untuk melangkah lebih maju.

”Akreditasi merupakan kegiatan wajib dalam lima tahun untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang kita buat di lembaga ini”, ujarnya.

Ia menambahkan, Akreditasi juga adalah hal penting untuk refleksi guru dalam memaksimal kerja dalam proses pembelajaran di sekolah.

Kinerja sekolah, lanjut dia, perlu dinilai dan dievaluasi terutama dalam hal mengajar yang memerdekakan dan menyenangkan anak didik.

“Cara mengajar kita harus memerdekakan diri, dan siswa juga harus merdeka. Karena itu pembelajaran harus menyenangkan”, ungkap Lorensius sekaligus membuka kegiatan akreditasi secara resmi. **

Kontributor Sirilus Gonsi, S. Fil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *