15 Desa 4 Kecamatan di Dompu Terendam Banjir

Tim Gabungan bersama warga mengevakuasi satu mobil yang terseret banjir yang melanda 4 Kecamatan di Kabupaten Dompu, NTB. Foto/InfoBencanaBNPB

Dompu | Okebajo.com | Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Dompu pada pekan pertama April 2023. Genangan  air tak dapat dihindari setelah hujan lebat mengguyur 4 Kecamatan di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Selasa, 4 April 2023.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh  Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB  per hari ini, Rabu, 5 April 2023,  ada 15 Desa yang berada di 4 Kecamatan terdampak banjir.

Rinciannya, Desa Karijawa, Desa Potu, Desa Bada, Desa Bali Satu, Desa Dorebara, Desa Mbawi, Desa Kareke di Kecamatan Dompu.

Desa Wowonduru, Desa Simpasai, Desa Kandai II, Desa Bara, Desa Baka Jaya, Desa Riwo di Kecamatan Wajo.

Desa Lepadi di Kecamatan Pajo dan Desa Kwangko di Kecamatan Manggelewa.

4.166 rumah terdampak banjir

Bencana ini mengakibatkan 4.166 unit rumah terdampak banjir dan hingga saat ini belum ada laporan warga yang mengungsi.

Sebagai bentuk upaya penanganan darurat, Tim SAR Gabungan bersama masyarakat bekerjasama melakukan pembersihan material lumpur akibat banjir yang menggenangi pemukiman warga setempat.

Merujuk prakiraan BMKG, wilayah Dompu masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hari ini dan esok hari (6/4).

Menyikapi hal itu, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga dalam mengantisipasi maupun menghindari risiko bahaya banjir.

Berbagai upaya dapat dilakukan secara kolektif, seperti membersihkan secara gotong royong saluran air atau pun mempersiapkan tempat evakuasi sementara yang aman.

Langkah mitigasi lainnya yang dapat dilakukan di antaranya mengetahui risiko bencana yang ada di lokasi tempat tinggal, pahami rute evakuasi atau daerah yang lebih tinggi.

Pahami potensi bahaya sekitar dan informasi peringatan dini cuaca yang bersumber dari laman resmi seperti InaRISK dan InfoBMKG. *

(Sumber#InfoBencanaBNPB #NusaTenggaraBarat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *