Sunrise Terbaik & Fenomena Api Biru Hanya Ada di Kawah Ijen

Kawah Ijen salah satu keajaiban alam yang hanya ada di Bondowoso, Jawa Timur. Sumber foto: endri yana yana dari Pixabay

Bondowoso | Okebajo.com |Kawah Ijen merupakan salah satu keajaiban alam yang hanya ada di Bondowoso, Jawa Timur.

Kawah Ijen letaknya di perbatasan antara kota Bondowoso – Banyuwangi.

Dilansir Media ini dari Bondowoso Network.com, Kawah Ijen merupakan sebuah gunung berapi dengan ketinggian sekitar 2.769 meter dari permukaan laut.

Di dalam kawah gunung Ijen terdapat danau biru bercahaya terhampar luas di kawah tersebut.

Danau Kawah Ijen dikenal memiliki air asam kuat terbesar di dunia dengan julukan Blue Fire (api biru) yang ada di puncak kawah gunung Ijen.

Meskipun berada di puncak gunung, wisatawan tidak perlu khawatir, karena gunung Ijen terkategori sebagai gunung pasif.  Terakhir meletus pada tahun 1999 lalu.

Kawah Ijen kini menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit dan sangat diminati oleh para pecinta alam, baik kalangan lokal bahkan mancanegara.

Wisata Kawah Ijen ini sangat dijaga keasriannya oleh pemerintah setempat. Fenomena blue fire hanya dapat dilihat oleh mata manusia saat tidak ada cahaya.

Karena itu, waktu ideal untuk melihat blue fire adalah jam 2 hingga jam 4 dini hari. Apalagi pendakian Gunung Ijen baru mulai dibuka jam 2 dini hari.

Untuk mencapai puncak gunung Ijen bukanlah suatu hal yang mudah. Memerlukan waktu sekitar 1 jam, Baik melalui jalur Bondowoso atau Banyuwangi.

Akses hanya bisa digapai dengan berjalan kaki atau dengan menyewa kereta dorong. Suhu di dekat bibir kawah turun menjadi sekitar 5 ° Celcius.

Namun semua itu tak sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan saat berada di puncak gunung Ijen.

Tiba di puncak gunung Ijen, mata kita akan disuguhkan dengan fenomena blue fire yang hanya ada di Bondowoso.

Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di bentangan pegunungan Ijen, puncak gunung Marapi yang berada di timur Kawah Ijen, gunung Raung, gunung Suket, dan gunung Rante.

Selepas dari Kawah Ijen. Mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang identik dengan Pinus dan satwa yang menemani sepanjang perjalanan.

Keasrian kawasan ini sangat terjaga. Banyak satwa liar dan pepohonan yang tersusun rapi di sepanjang jalan. *

(Sumber :BondowosoNetwork.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *