10 SMP Ikut Lomba Pidato Bahasa Inggris di SMKN 1 Satarmese

10 SMP Ikut Lomba Pidato Bahasa Inggris di SMKN 1 Satarmese
Kepala SMKN 1 Satarmese, Fransiskus Jehoda menyerahkan Piala Kejuaran Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, dan Quiz Bahasa Inggris bagi SMP-SMP yang tersebar di 3 Kecamatan  Satarmese Raya.

Ruteng | Okebajo.com | Dalam rangka memperingati Hardiknas 2023, SMK Negeri 1 Satarmese menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, dan Quiz Bahasa Inggris bagi SMP-SMP yang tersebar di 3 Kecamatan Satarmese Raya.

Lomba  berlangsung selama dua hari, 26-27 April  di SMKN 1 Satarmese di Wae Cepang, Desa Terong, Kecamatan Satarmese Barat.

Maksimus Mansen, S.Pd, Kordikcam Satarmese Barat, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menjelaskan kegiatan lomba akademik seperti ini merupakan sebuah kesempatan bagi peserta didik untuk mengekspresikan diri, menempah diri, dan memacu diri untuk belajar dan meningkatkan kemampuan peserta didik

Sementara Elias Dagung, M.Pd, Pengawas Pembina SMKN 1 Satarmese memberikan dukungan dan apresiasi atas inovasi SMKN 1 Satarmese dalam menyelenggarakan lomba ini.

Pada saat yang sama, Fransiskus Jehoda, S.Pd, Kepala SMKN 1 Satarmese, dalam sambutanya memberikan alasan menyelenggarakan lomba.

“SMKN 1 Satarmese merasa teranggil untuk mengambil bagian dengan cara memfasilitasi dan menyelenggarakan lomba akademik sebagai bagian dari tanggung jawab moril untuk mempersiapkan generasi muda Satarmese yang unggul dan kreatif dan berinovatif,” ujarnya.

Menurut Mantan Ketua Pressidium PMKRI Cabang Ruteng itu,  peserta didik yang sedang belajar di bangku SMP, SMA, dan SMK di Satarmese Raya saat ini adalah generasi penerus bangsa.

“Mereka adalah calon-calon pemimpin bangsa pada saatnya. Mereka juga akan menjadi tulang punggung pembangunan bangsa”, ungkap Frans Jehoda.

Ia menjelaskan pelaksanaan lomba pidato bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris dan Quiz Bahasa Inggris sebagai salah satu bagian dari upaya mempersiapkan generasi penerus bangsa.

Lomba Sambil Belajar Bahasa Inggris

Lomba yang diselenggarakan SMKN 1 Satarmese merancang Perlombaan ini seperti sebuah camping academic.

Para peserta selain mengikuti lomba juga difasilitasi dengan kegiatan belajar bahasa Inggris yang dipandu oleh guru-guru bahasa Inggris dan oleh siswa SMKN 1 Satarmese.

Semua peserta menginap di asrama-asrama yang ada di sekitar sekolah. Pada malam hari mereka berkumpul untuk mengikuti bimbingan belajar bahasa Inggris dan kreasi seni.

Malam kreasi seni  menampilkan tarian kreasi dan tarian arabik, paduan suara, gitar solo siswa SMKN 1 Satarmese dan juga tarian kreasi dari para peserta lomba.

“Hasil Lomba dan Hadiah Kejuraan Perlombaan ini berlangsung kompetitif. Setiap peserta berjuang untuk mendapatkan nilai terbaik. Di hadapan juri lomba dan para peserta lain dan guru-guru serta siswa/I SMKN 1 Satarmese, mereka tampil garang menyampaikan pidato mereka”, kata Frans Jehoda.

Pada 26 April menggelar lomba Pidato Bahasa Indonesia dan  Bahasa Inggris, sedangkan hasilnya direkap dan diumumkan pada tanggal 27 setelah Final Lomba Quiz Bahasa Inggris.

Hasil Lomba

Glaudiarti V Nandu, siswi  SMPN 4 meraih Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Indonesia.  Juara II, Maria N M Jom dari SMPN 1. Juara III, Efrasia E Gambung dan Viranti Efrem SMPN 15  meraih Juara Harapan I

Juara 1 lomba Pidato Bahasa Inggris diraih oleh dua peserta, yaitu Maria P A Wardi dari SMPN 1 Satarmese dan Valentino F Beti dari SMPN 12 Satarmese.

Juara II, Juara III, dan Juara Harapan I masing-masing diraih oleh Luisa D M Rama dari SMPN 13, Yohana Y Jemumut dari SMPN 15, serta Elisabet E Jini dari SMPN Satap Mowol.

Sedangkan lomba Quiz Bahasa Inggris yang diikuti oleh 9 tim. Tim yang meraih Juara I adalah Tim Quiz dari SMPN 1 Satarmese. Juara II  Tim dari SMPN 14. Juara III  SMPN 4 Satarmese. Juara Harapan I diraih oleh tim SMPN Satap Mowol.

Para peserta lomba mendapatkan Sertifikat Partisipasi dan Sertifikat Juara bagi yang juara. Selain Sertifikat juga  memberikan Piala Kejuaraan bagi peserta dan tim yang meraih Juara I, Juara II dan Juara III untuk setiap jenis lomba.

Dalam sambutan penutupnya, Frans Jehoda mengatakan bahwa SMKN 1 Satarmese akan terus menyelenggarakan lomba seperti ini pada waktu-waktu yang akan datang. Ia berharap semoga lebih banyak SMP yang mengambil bagian.

“Saya berpesan kepada para prserta lomba agar terus menjadi pionir literasi, diskusi, dan berbicara. Teruslah belajar. Kalian adalah harapan bangsa dan masa depan Satarmese Raya,” pesannya.

Selanjutnya, Piala-Piala kejuaraan akan diserahkan pada saat Upacara Hardiknas 2 Mei 2023 di Lamba, Desa Satar Ruwuk untuk SMP yang berasal dari Kecamatan Satarmese Barat dan di Tado, Desa Tado bagi SMP-SMP yang berasal dari kecamatan Satarmese. *

Kontributor Okebajo.com  Fransiskus Jehoda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *