Desanya Dikepung Bencana Alam, Kades Marten Don Lakukan Ini

Kepala Desa Mata Wae, Martinus Don mendatangi warganya yang terdampak bencana alam banjir bandang, Kamis, 27 April 2023 kemarin.
Kepala Desa Mata Wae, Martinus Don mendatangi warganya yang terdampak bencana alam banjir bandang, Kamis, 27 April 2023 kemarin.

Ruteng | Okebajo.com | Kepala Desa Mata Wae, Martinus Don mendatangi warganya yang terdampak bencana alam banjir bandang, Kamis, 27 April 2023 kemarin.

Ia bereaksi cepat  melakukan pengecekan seluruh lokasi yang terdampak  berikut melakukan pendataan  guna memastikan lokasi bencana, jenis kerugian materil dan lainnya,

“Kemarin setelah kejadian, saya langsung perintahkan seluruh staf untuk turun ke lapangan mendatangi lokasi kejadian guna memastikan TKP dan apakah ada korban jiwa atau tidak, termasuk korban materil,” terang Marten.

Hasil peninjauan dan pendataan lapangan akan dilaporkan kepada Pemerintah Kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum.

“Kejadian ini tentu sangat berdampak secara ekonomis. Sebab bencana ini dialami sejumlah warga. Dan kerusakan terparah terjadi pada tanaman padi sawah yang sebentar lagi siap panen. Tetapi dengan begini dapat dipastikan gagal panen,” tandas Kades Marten Don.

Marten mengimbau warganya agar tetap tenang, waspada dan berhati-hati saat keluar rumah. Bencana sewaktu-waktu bisa terjadi secara tiba-tiba.

Warga segera melaporkan kepada pemerintah desa Mata Wae jika terjadi bencana.

Marten berharap, Pemerintah Daerah segera menindaklanjuti laporan bencana dan segera mendistribusikan bantuan beras dan lainnya kepada warga yang terdampak bencana alam. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *