Kumpul Data, Kompolnas Sambangi Polres Manggarai Barat

Kumpul Data, Kompolnas Sambangi Polres Manggarai Barat
Tim Kompolnas melakukan pertemuan di ruang Vicon Polres Manggarai Barat bersama Pejabat Utama Polda NTT secara virtual. Foto/Humas Polres Mabar

Labuan Bajo | Okebajo.com | Tim peneliti Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terdiri dari Ketua Tim Muhammad Dawam dan empat anggota Sofya Ihsan, Kompol Riki Yariandi,  Monika Juniarti Ar Rasyid dan Briptu Kinanti Ulfa Aristi menyambangi Polres Manggarai Barat.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko dan Wakapolres Kompol Budi Guna Putra bersama para Kabag, Kasat, juga para Kasie Polres Manggarai Barat menyambut kunjungan kerja Tim peneliti Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) di Mapolres Mabar pada Kamis, 25 Mei 2023 kemarin.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko menjelaskan agenda kunjungan tim Kompolnas  dalam rangka pengumpulan data penelitian pola pengamanan Polri pada obyek vital nasional di kawasan destinasi pariwisata super prioritas Indonesia.

Selain itu pengumpulan data tahun 2023 terkait Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana Prasarana (Sarpras) dan anggaran di wilayah hukum Polres Manggarai Barat.

Tiba di Mapolres Mabar, Tim Kompolnas melakukan pertemuan di ruang Vicon Polres Manggarai Barat yang juga dihadiri Pejabat Utama Polda NTT secara virtual dari ruang Vicon lantai II Mapolda NTT.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko menerangkan situasi Kamtibmas Polres Manggarai Barat sangat kondusif.

Butuh tambahan personel

AKBP Ari Satmoko menjelaskan Polres Manggarai Barat saat ini terus mempersiapkan diri karena Labuan Bajo sudah ditetapkan sebagai kawasan destinasi wisata super prioritas.

Setelah gelaran KTT ke-42 ASEAN  di kota Labuan Bajo, masih ada lagi perhelatan internasional yang akan dihelat di Labuan Bajo.

Untuk itu, Polres Mabar masih membutuhan tambahan personel.  Jumlah personel yang ada di Polres Mabar sebanyak 441 orang, masih kurang dari yang dibutuhkan sebanyak  1.063 orang.

“Rencana ke depan masih banyak lagi acara besar atau event internasional lainnya yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo. Saya berharap dengan kunjungan kerja Tim Kompolnas ini dapat memberikan masukan untuk Polri khususnya Polres Mabar di masa mendatang,” ungkap Kapolres Mabar.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Muhammad Dawam menyebutkan salah satu tugas Kompolnas adalah membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Polri sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan teknis Polri.

“Kompolnas melaksanakan fungsi pengawasan fungsional terhadap kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri,” kata Muhammad Dawam.

Ia mengatakan, Tim Kompolnas  saat ini melakukan penelitian tentang pola pengamanan Polri pada obyek vital nasional di kawasan destinasi pariwisata super prioritas Indonesia.

Selain itu  pengumpulan data tahun 2023 terkait SDM, Sarpras dan anggaran di wilkum Polres Mabar.

“Diharapkan melalui penelitian ini dapat memberikan rekomendasi saran dan masukan, sehingga ke depan Polri dapat lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *