Upacara Hardiknas & O2SN di Pulau Nuncung Danau Sano Nggoang

Upacara Hardiknas & O2SN di Pulau Nuncung Danau Sano Nggoang
Camat Sano Nggoang, Alfonsius Arfon

Labuan Bajo | Okebajo.com | Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023 di Kecamatan Sano Nggoang bersamaan dengan kegiatan O2SN. Tempat pelaksanaan dua kegiatan ini berlokasi di  lapangan SMP SATAP Metangga, Desa Pulau Nuncung Danau Sano Nggoang sekira belasan kilometer dari Werang ibukota Kecamatan Sano Nggoang.

Tuan rumah kegiatan Hardiknas dan O2SN adalah Desa Pulau Nuncung dan Desa Mata Wae.

Hadir dalam upacara Forkompimcam, pimpinan UPT,  para kepala desa, para guru, ketua TP PKK, para pelajar, tokoh masyarakat, Karang Taruna, fungsionaris adat dan  ASN lingkup Kecamatan Sano Nggoang dan masyarakat dari beberapa Desa sekitar danau Sano Nggoang.

Danau Sano Nggoang. Foto/istimewa

Camat Sano Nggoang, Alfonsius Arfon menyampaikan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo, atas terselenggaranya KTT ASEAN di Labuan Bajo.

Beragam atraksi, pertandingan olahraga bola voly, sepak bola, tarian dari masing-masing sekolah mewarnai  momentum Hardiknas 2023 bertajuk “Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar” berdasarkan surat resmi Kemdikbudristek Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023.

“Giat O2SN cabang olahraga bola voly dan sepak bola dari seluruh SMP sederjat di wilayah Kecamatan Sano Nggoang. Final pertandingan ini berlangsung hingga Rabu,  3 Mei 2023. Dua kegiatan ini berjalan aman dan lancar,” kata Camat Alfons Arfon.

Dalam amanatnya selaku pembina upacara, Camat Alfons Arfon meringkaskan beberapa hal  dari Tema Hardiknas 2023 “Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar“.

Ia menegaskan, pendidikan merupakan investasi masa depan, bahkan investasi sepanjang hayat dikandung badan. Selain guru, orang tua juga merupakan investornya.

Guru tidak bisa berjalan sendirian. Perlu kerja sama dengan orangtua, masyarakat dan peserta didik. Karena orangtua sebagai investor, maka pendidikan yang paling utama adalah dalam keluarga.

Mantan aktivis PMKRI Cabang Makassar itu berharap agar para orangtua menanamkan nilai-nilai atau karakter yang baik kepada anak-anak. Karena anak-anak merupakan generasi penerus Kabupaten Manggara Barat khususnya Kecamatan Sano Nggoang.

“Kemajuan daerah, baik pada saat ini maupun pada masa yang akan datang, generasi muda menjadi penentu estafet pembangunan”, ujarnya.

Generasi muda yang berkualitas tentu lahir dari  rahim pendidikan yang berkualitas, termasuk pendidikan dalam keluarga.

“Agar akselerasi kemajuan pembangunan daerah ini wajib didukung dengan kemajuan di bidang pendidikan”, terang Camat muda itu.

Belajar bahasa Inggris

Ia juga mendorong anak-anak sekolah agar serius belajar bahasa Inggris secara otodidak melalui kanal YouTube ataupun lewat grup English Conversation di Facebook yang pesertanya  berasal dari seluruh penjuru dunia.

Suplay vitamin ke dalam otak dengan mendapatkan sesuatu yg baru setiap hari. Kalaupun hal itu kecil, namun sangat bermanfaat.

“Contohnya, jika hari ini kamu belum tahu bahasa Inggris “Aku Cinta Bendera Indonesia“, maka hari ini kamu bisa mengetahuinya, yaitu: “love the red and white flag“.

Lakukan itu setiap hari, maka itu menjadi kebiasaan yang baik di hari selanjutnya”, tutur Camat Alfons.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *