Mewakili Indonesia, 2 Pelajar SMAK Loyola Ikut Kegiatan ASEAN di Jakarta

Mewakili Indonesia, 2 Pelajar SMAK Loyola Ikut Kegiatan ASEAN di Jakarta
Civitas academika SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo gelar acara perutusan dua peserta didiknya wakili Indonesia mengikuti kegiatan ASEAN di Jakarta. Foto/Charles W. Deon.

Labuan Bajo | Okebajo.com | Dua Pelajar SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo mewakili Indonesia mengikuti kegiatan ASEAN di Jakarta yang akan berlangsung pada 29-31 Mei 2023.

Selain kedua peserta dari SMAK St. Ignatius Loyola, terdapat dua sekolah lain yang juga menjadi perwakilan dalam kegiatan ASEAN tersebut, yakni Alexander International School dan AL Azhar School yang berada di Jakarta.

Kegiatan Internasional itu bertajuk ”2nd Youth ASEAN-Italy Conference”.

Dalam forum internasional ini, utusan SMAK St. Ignatius Loyola akan mempresentasikan materi dengan tema “Youth Empowerment and Digitalization”.

Kedua peserta didik dari SMAK St. Ignatius Loyola yang mengikuti kegiatan di Jakarta itu yakni Susi Wahyu Riani, siswi Kelas XI Program MIPA dan Claudio Gonsales Syukur, siswa Kelas XI Program Bahasa.

Keduanya akan terbang ke Jakarta bersama seorang guru pendamping, yaitu Charles W. Deon, S.Pd sekaligus menjadi Advisor Delegatus perwakilan Indonesia.

Mereka akan take off dari Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo menuju Jakarta, Minggu besok, 28 Mei 2023.

Susi Wahyu Riani, siswi Kelas XI Program MIPA dan Claudio Gonsales Syukur, siswa Kelas XI Program Bahasa SMAK St Ignatius Loyola Labuan Bajo ikut kegiatan ASEAN di Jakarta. Foto/Charles W
Deon.

Acara perutusan

Segenap civitas academika SMAK St. Ignatius Loyola menggelar acara perutusan dua peserta didik dan seorang guru pendamping untuk mengikuti kegiatan ASEAN di Jakarta.

Acara perutusan berlangsung di halaman tengah SMAK ST. Ignatius Loyola Labuan Bajo, Sabtu, 27 Mei 2023.

Turut hadir di acara ini Ketua Yayasan Pendidikan Arnoldus Labuan Bajo, P. Fabianus Naku Ngama, SVD.  Hadir juga jajaran pengurus Yaspendar, Korwas SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Paulus Hansko.

Bangga luar biasa

Kepala SMAK St. Ignatius Loyola, P. Agustinus Susanto Naba, SVD, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya lembaga pendidikan yang dipimpinnya menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam kegiatan Internasional tersebut.

Pater Gusti mengatakan bahwa terpilihnya dua peserta didik dari lembaga yang dipimpinnya itu merupakan suatu bentuk kepercayaan yang sangat luar biasa. Yakni kepercayaan dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia melalui Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN.

Pater Gusti menegaskan SMAK Loyola terpilih menjadi duta Indonesia dalam perhelatan Internasional itu tidak terlepas dari kegiatan ASEAN Goes to school pada bulan Februari 2023 yang bertempat di D’AJ Hall yang melibatkan seluruh siswa/siswi SMAK Loyola.

Selanjutnya, sebanyak 10 orang siswa/siswi Loyola  juga terpilih mengikuti kegiatan ASEAN Leaders Interface with the Represntatives of ASEAN Youth. Yang berlansung pada 10 Mei 2023 bertempat di Golo Mori Convention Centre dengan mengangkat tema Community Based Activity dan Promosi Wisata Labuan Bajo.

Satu peserta beragama muslim

Pater Gusti menambahkan, dari dua peserta ini, satu di antaranya beragama Muslim.

Menurut Pater Gusti, hal ini membuktikan kepada dunia luar bahwa meskipun SMAK Loyola memiliki visi-misi dalam spiritualitas kekatolikan, namun hal tersebut tidak berarti lembaga ini menutup diri terhadap perbedaan dan keanekaragaman, termasuk perbedaan keyakinan.

SMAK St. Ignatius Loyola selalu mengedepankan sikap terbuka dan menerima setiap peserta didik yang berbeda keyakinan untuk mengenyam pendidikan di lembaga ini. Mereka dua ini dipilih karena prestasi” pungkas Pater Gusti.

Ketua Yayasan Pendidikan Arnoldus Labuan Bajo, P. Fabianus Naku Ngama, SVD, juga menyampaikan kebanggaan senada.

Pater Fabi dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik. Agar termotivasi dengan terpilihnya dua peserta didik ini dalam mengikuti even berskala internasional ini.

“Peserta didik harus menunjukkan prestasi baik dalam aspek akademik maupun non akademik. Jika belum sempat berprestasi dalam bidang akademik, maka tunjukkan ekspresi yang baik dalam hal karakter,” ungkapnya.

Sementara itu, Korwas SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Paulus Hansko  mengapresiasi torehan prestasi SMAK Loyola, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi. Dan juga terima kasih untuk semua bentuk dukungan dan keikutsertaan lembaga ini dalam berbagai kegiatan di lingkup Pemda Manggarai Barat.  Apresiasi khusus kepada 4 orang peserta didik dari lembaga ini. Karena telah sukses masuk tahap berikut dalam olimpiade sains tingkat SMAK se-provinsi NTT”, ucap Paulus Hansko sangat bangga.

Berita sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN mengundang para pelajar SMAK St.Ignatius Loyola Labuan Bajo dan mahasiswa Poltek elBajo Comodous. Guna mengikuti dialog Community Based Activity dan Promosi Wisata Labuan Bajo bersama 22 Delegasi Pemuda dari  negara-negara ASEAN.

10 pelajar SMAK St.Ignatius Loyola dan 14 mahasiswa Poltek elBajo Comodous hadir mewakili Indonesia. Mereka  mengikuti dialog lintas pemuda dari negara-negara ASEAN. Kegitanya yang berlangsung di Golo Mori Convention Center pada Rabu, 10 Mei 2023 lalu.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari perhelatan internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Labuan Bajo. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *