2 Pelajar SMAK Loyola Terbang ke Jakarta, Seluruh Biaya Ditanggung Global Action

2 Pelajar SMAK Loyola Terbang ke Jakarta, Seluruh Biaya Ditanggung Global Action
2 Pelajar SMAK Loyola Terbang ke Jakarta, Seluruh Biaya Ditanggung Global Action. Foto/Ist

Labuan Bajo | Okebajo.com | Global Action akan menanggung seluruh biaya kegiatan, termasuk biaya penerbangan, hotel, makanan, dan transportasi untuk para peserta dan guru pendamping dari negara anggota ASEAN yang mengikuti kegiatan the 2nd ASEAN-Italy Youth Conference (YCAI) di Jakarta.

Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN, Yuliana Bahar menyampaikan hal itu  kepada Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo melalui Surat Nomor : 05221 /KA/03/2023/44 perihal Permohonan Nominasi Peserta untuk Kegiatan the 2nd ASEAN-Italy Youth Conference (YCAI) pada15 Mei 2023.

Ia menjelaskan bahwa Direktorat Kerja Sama Sosial Budaya (Dit.KSBA), Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Kementerian Luar Negeri RI, telah menerima permohonan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma, Italia, terkait rencana pelaksanaan the 2nd ASEAN-Italy Youth Conference (YCAI) di Jakarta, Mei 2023.

Mengutip Surat tersebut, Kepala SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, P. Agustinus Susanto Naba, SVD menjelaskan, kegiatan ini berada di bawah ASEAN-Italy Development Partnership : Practical Cooperation Areas (2022-2026).

YCAI bertujuan untuk membahas isu-isu kepemudaan dan prioritas dalam kemitraan pembangunan ASEAN-Italia, seperti misalnya pendidikan dan budaya, keberlanjutan dan pemulihan hijau, inovasi, dan kewirausahaan,” kata Pater Gusti, Minggu, 28 Mei 2023.

YCAI terselenggara atas kerja sama Kementerian Luar Negeri Italia dengan Global Action.

Penyelenggaran 2nd YCAI 2023 akan berlangsung di Sekretariat ASEAN di Jakarta pada 29-31 Mei 2023.

Penyelenggaraan YCAI dalam 2 bagian :

Pertama, Periode pelatihan (Maret-Mei 2023), yang penyelenggaraanya secara daring oleh Global Action dalam bentuk workshop dan focus group discussion.

Kedua, Konferensi selama 2 hari (akhir Mei 2023), yang akan memberikan kesempatan para peserta untuk berdiskusi untuk menghasilkan Final Communique.

Berita sebelumnya, dua Pelajar SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo mewakili Indonesia mengikuti kegiatan ASEAN. Kegitan tersebut bertajuk “the 2nd ASEAN-Italy Youth Conference (YCAI)” di Jakarta yang berlangsung pada 29-31 Mei 2023.

Kedua peserta didik dari SMAK St. Ignatius Loyola yang mengikuti kegiatan tersebut, yakni Susi Wahyu Riani, siswi Kelas XI Program MIPA dan Claudio Gonsales Syukur, siswa Kelas XI Program Bahasa.

Selain kedua peserta dari SMAK St. Ignatius Loyola, terdapat dua sekolah lain yang juga menjadi perwakilan dalam kegiatan ASEAN tersebut. Yakni Alexander International School dan AL Azhar School yang berada di Jakarta.

Dalam forum internasional ini, utusan SMAK St. Ignatius Loyola akan mempresentasikan materi dengan tema “Youth Empowerment and Digitalization”.

Kedua Pelajar itu terbang ke Jakarta bersama seorang guru pendamping, yaitu Charles W. Deon, S.Pd sekaligus menjadi Advisor Delegatus perwakilan Indonesia.

Hari ini, Minggu, 28 Mei 2023, mereka take off dari Bandara Internasional Komodo Labuan Bajo menuju Jakarta. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *