Musim Hujan ! Bupati Mabar Imbau Waspada dan Siaga Bencana

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE

Labuan Bajo | Okebajo.com | Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, SE mengimbau masyarakat dan jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan  terhadap pelbagai potensi bencana alam  memasuki musim penghujan saat ini.

Imbauan Bupati Mabar Nomor : BPBD.360/643/VII/2023, Rabu 6 Desember 2023 itu merujuk pada informasi prakiraan cuaca  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) Stasiun Meteorologi  Kelas II El Tari Kupang yang memperkirakan bahwa  terjadi angin kencang dan hujan lebat melanda wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Merujuk pada informasi prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Meteorologi  Kelas II El Tari Kupang yang memperkirakan bahwa  terjadi angin kencang dan hujan lebat yang terjadi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat,

Berdasar prakiraan BMKG itu, Bupati Edi Endi mengimbau  masyarakat dan jajarannya untuk segera  melakukan pembersihan saluran atau drainase di lingkungan masing-masing.
Dilarang membuang sampah sembarangan terutama pada saluran/drainase dan sungai yang dapat mengambat aliran air.

Lakukan penebangan atau pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang atau tidak tahan terhadap guncangan angin di sekitar jalan raya/perlintasan umum, permukiman penduduk, perkantoran, fasilitas bisnis, sekolah, tempat ibadah serta fasilitas publik lainnya guna mengantisipasi dampak kerugian, kerusakan dan gangguan lainnya.

Kepada masyarakat yang bermukim di dataran rendah, bantaran sungai, tebing atau daerah rawan banjir dan longsor serta rawan bencana hidrometeorologi lainnya agar melakukan kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya  bencana dengan cara ;

Melakukan kesiapsiagaan untuk antisipasi penyelamatan atau evakuasi secara mandiri ke tempat yang aman apabila terjadi bencana.

Melakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi bangunan rumah dengan saksama.

Tetap waspada apabila melakukan aktivitas di luar rumah, terutama pada saat intensitas curah hujan tinggi dan angin kencang yang berpotensi menimbulkan bahaya atau bencana longsor, banjir dan bahaya lainnya.

Waspada selalu jika  melakukan  aktivitas di sungai dan laut yang berpotensi  terjadi gelombang tinggi.

Tingkatkan kesadaran, kewaspadaan, pengetahuan dan kemampuan terhadap bahaya yang ada di sekitar  lingkungan masing-masing.

Tingkatkan kesiapsiagaan  menghadapi  bencana banjir, angin puting beliung, tanah longsor serta  banjir ROB.

Bupati Edi Endi juga  mengimbau
Kepala Dinas, Badan, Kantor dan lembaga lainnya agar mengaktifkan sarana komunikasi sebagai salah satu upaya kesiapsiagaan  menghadapi bencana.

“Apabila terjadi bencana agar segera laporkan atau informasi kepada Kepala Desa/Lurah dan Camat setempat untuk dilaporkan kepada Bupati Manggarai Barat atau BPBD Mabar”, imbau Bupati Edi Endi. *.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *