7 Provinsi Siaga Darurat Bencana Karhutla, Termasuk NTT

7 Provinsi Siaga Darurat Bencana Karhutla, Termasuk NTT
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M. Foto/BNPBIndonrsia

Jakarta | Okebajo.com | Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa Indonesia akan memasuki musim kemarau yang lebih kering dari tahun-tahun sebelumnya karena pengaruh dari El Nino.

Menyikapi hal itu, BNPB  akan lebih fokus dalam upaya pencegahan hingga penanganan darurat bencana hidrometeorologi kering. Mulai dari antisipasi kebakaran hutan dan lahan hingga kekeringan akibat faktor cuaca.

Menurut data sementara per 1 Juni 2023, sudah ada 112 kejadian karhutla di Tanah Air.

7 Provinsi siaga darurat bencana karhutla

Sementara itu ada 7 wilayah yang akan mendapatkan perhatian khusus dari BNPB yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Hingga saat ini, status siaga darurat bencana karhutla dan kekeringan telah ditetapkan di seluruh provinsi tersebut per 29 Mei 2023.

Suharyanto menilai ketujuh provinsi prioritas itu memang menjadi langganan bencana karhutla setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, mantan Pangdam V Brawijaya itu akan turun langsung ke lapangan untuk memastikan penanganan karhutla berjalan dengan baik sehingga dampak terburuk dapat diminimalisasi.

Pada Rabu pagi, 7 Juni 2023, Kepala BNPB bertolak menuju Provinsi Riau untuk memimpin rapat koordinasi penanganan karhutla bersama seluruh unsur forkopimda se-Provinsi Riau.

Kepala BNPB juga dijadwalkan akan meninjau titik lokasi karhutla secara langsung melalui udara.

Sebelumnya, BNPB juga telah mendukung operasi penanganan karhutla di Bumi Lancang Kuning dengan menyiagakan helikopter untuk patroli hingga water boombing.

Di sisi lain, BNPB bersama BRIN, BMKG dan TNI juga mengupayakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan. *

Sumber : BNPBIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *