Lulus 100%, Kepala SMP Negeri 2 Mbeliling : Jangan Tinggal di Kampung

Peringkat 1 Marchelin Roswita, jumlah nilai 955, rata-rata  86,78. Peringkat kedua Romulda Freshly Tari, jumlah nilai 948, rata-rata  86,22, peringkat ketiga Hilda Metanoya, jumlah nilai 945, rata-rata  85,91. Foto/Robert Perkasa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Kepala SMP Negeri 2 Mbeliling, Darius Jehanu, S.Pd menitipkan pesan edukatif kepada para orang tua murid agar peserta didiknya yang lulus jangan tinggal di kampung. Dukung mereka dengan total untuk mengejar cita-citanya melalui pendidikan formal ke tingkat selanjutnya.

“Tolong lanjutkan pendidikan anak-anak ini ke tingkat lebih tinggi. Dukung secara total. Jangan ada yang tinggal di kampung”, pinta Darius Jehanu.

Lulus 100 %

Darius Jehanu mengumumkan sebanyak 46 peserta didik kelas IX Angkatan XI Tahun Pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 2 Mbeliling, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat dinyatakan lulus dengan presentase 100 %. 20 laki-laki dan 26 perempuan.

Pengumuman  ini  diumumkan dalam  Rapat penetapan kelulusan di SMP Negeri 2 Mbeliling, Kamis, 8 Juni 2023 pukul 09.00 Wita.

Hadir Rapat penetapan kelulusan, Ketua Komite Sekolah, Ferdinand Hamin bersama jajaran pengurus, para orangtua/wali murid serta para dewan guru SMPN 2 Mbeliling.

Peringkat tertinggi

Peserta  didik dengan nilai rata rata tertinggi diraih oleh Marchelin Roswita, nomor  peserta ujian 2-23-24-16-0051-0019-2 dengan jumlah nilai 955, rata-rata  86,78.

Peringkat kedua Romulda Freshly Tari, nomor peserta ujian 2-23-24-16-0051-0034-5,  jumlah nilai 948, rata-rata  86,22.

Peringkat ketiga Hilda Metanoya, nomor peserta 2-23-24-16-0051-0012-9, jumlah nilai 945, rata-rata  85,91

Rapat penetapan kelulusan peserta didik SMP Negeri 2 Mbeliling, Kamis, 8 Juni 2023. Foto/Robert Perkasa

Total 561 lulusan

Darius Jehanu dalam sambutannya menyebutkan dua belas tahun SMP Negeri 2 Mbeliling telah menamatkan alumninya sebanyak 561 orang sejak angkatan I hingga hari ini.

Rinciannya, Angkatan I 28 orang, Angkatan II 40 orang, Angkatan III 46 orang, Angkatan IV 45 orang, Angkatan V 55 orang, Angkatan VI 58 orang, Angkatan VII 53 orang, Angkatan VIII 67 orang dan Angkatan IX 49 orang. Angkatan X 62 orang. Angkatan XI 46 orang.

“Dari angkatan I sampai angkatan XI hari ini secara keseluruhan alumni  SMP Negeri 2 Mbeliling berjumlah 561 orang,” ujarnya.

Darius menjelaskan penentuan kelulusan peserta didik di sekolah ini berdasarkan  berbagai pertimbangan, baik secara akademik,  sikap  mauoun keterampilan peserta didik. Akumulasi nilai akhir merupakan hasil penilaian mulai dari semester 1 sampai semester akhir.

Ia menyadari bahwa pencapaian sejauh ini tentu hasil kerja sama siswa-siswi, orang tua murid, guru dan komite sekolah.

Ketua Komite SMP Negeri 2 Mbeliling, Ferdinand Hamin menyampaikan hal senada.

“Orang tua murid mohon beri kesempatan bagi anak-anak ini untuk meneruskan pendidikan mereka ke tingkat SLTA hingga perguruan tinggi.
Tingkatkan prestasi yang kalian torehkan selama berada di sekolah ini dan lanjutkan prestasimu di sekolah selanjutnya,” tandas Ferdinand Hamin dalam sambutannya.

Bergandengan tangan tingkatkan prestasi sekolah

Mantan Kepala Desa Cunca Lolos itu juga meminta dukungan para orang tua murid dan guru-guru untuk terus meningkatkan prestasi sekolah berjuluk Laskar Puncak ini.

“Tolong dukung anak-anak kita agar mereka belajar di rumah. Beri mereka waktu untuk belajar. Semakin sering kita lakukan hal ini akan menentukan prestasi anak-anak kita di sekolah.

“Kebanggaan yang kita raih hari ini tentu menentukan prestasi sekolah ini pada tahun- tahun yang akan datang.  Mari kita bergandengan tangan mendukung sekolah ini agar terus menorehkan prestasi, baik akademik, non akademik maupun prestasi olahraga,” kata Ferdinand Hamin optimis.

Data alumni SMPN  2 Mbeliling

Ia juga meminta agar guru-guru SMP Negeri Mbeliling menginventarisasi semua prestasi yang diraih, jumlah alumni sekolah, di mana kerjanya, apa pekerjaannya. Semua ini harus terdata by name by addres.

“Satu permintaan saya agar prestasi akademik yang telah ditorehkan sekolah ini mohon diinventarisasi semua. Berapa total alumni sekolah ini yang lulusan sarjana. Kalau bisa didata juga alumni yang telah bekerja untuk mengetahui berapa jumlah alumni sekolah ini yang terserap di dunia kerja,” pintanya.

Dasar hukum dan kriteria kelulusan

Kepala Urusan Kurikulum SMPN 2 Mbeliling, Agustinus Mayong Tabil, S.Pd melalui Rosina Delsiana Megahit, S.Pd membacakan Berita Acara Penetapan kelulusan  Nomor : 24a/I.21.42/SMPN 2/KP/VI/2023  tanggal 7 Juni 2023 di forum rapat penetapan kelulusan.

Pengumuman kelulusan peserta didik SMPN 2 Mbeliling Tahun Pelajaran 2022/2023 berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional dan beberapa regulasi lainnya.

Dia menjelaskan kelulusan peserta didik dari Satuan Pendidikan ditentukan berdasarkan rapat dewan guru yang mengacu pada dasar hukum di atas dan mengacu pada penilaian antara lain ; menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh sikap/perilaku minimal baik, mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Sedangkan kriteria kelulusan peserta didik  mengacu pada nilai sikap/perilaku peserta didik minimal baik, peserta didik menyelesaikan seluruh program pembelajaran yang ditentukan oleh Sekolah mencakup penilain protofolio 30% terdiri dari nilai rata-rata rapor semester I sampai semester VI (60%), nilai sikap 30% dan catatan prestasi 10%.

penilaian penugasan 30% dan penilaian Ujian Sekolah 40%.

“Berdasarkan keputusan dan kriteria penilaian tersebut, maka siswa SMP Negeri 2 Mbeliling yang berjumlah 46 orang  dinyatakan lulus 100 %”, jelas Rosina. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *