Kapolri dan Delegasi AMMTC Merenda Kebersamaan di Tengah Gemerlap Sunset Labuan Bajo

Okebajo.com | Sorotan dunia internasional kembali tertuju pada Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, saat para delegasi dari negara-negara anggota ASEAN menghadiri ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17.

Acara yang diadakan di Hotel Meruorah ini dihadiri langsung oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang juga menjabat sebagai ketua AMMTC untuk Indonesia.

AMMTC ke-17 diikuti oleh 275 peserta yang terdiri dari 10 menteri negara ASEAN beserta anggota delegasinya, delegasi dari tiga mitra dialog yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan, Timor Leste sebagai observer, Chairman Directors-General of Immigration Departments and Heads of Consular Affairs Divisions of the Ministries of Foreign Affairs (DGICM), Sekretaris Jenderal ASEAN.

Parade penyambutan para delegasi digelar di depan Hotel Merourah Labuan Bajo, Minggu 20 Agustus 2023 sore.

Kedatangan para delegasi di Labuan Bajo, disambut dengan kehangatan dan keramahtamahan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merangkul momen ini dengan menghadirkan tampilan spektakuler dari Drum Corps Akpol, kolone senapan yang kokoh, dan parade karnaval yang memukau mata.

Namun, tak hanya itu, para delegasi juga diajak merasakan keindahan malam di atas perairan Labuan Bajo melalui Sunset Cruise, diikuti dengan Welcome Cocktail yang meriah di atas kapal pinisi Lako Sae usai terpukau dengan penampilan apik para taruna Akpol dan elemen masyarakat.

Ketika matahari perlahan tenggelam di cakrawala, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengambil momen ini untuk berdiskusi dengan para delegasi.

“Pertama-tama, saya Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, sekaligus ketua AMMTC untuk Indonesia mengucapkan terima kasih atas kehadiran anda disini. Selamat datang di Labuan Bajo,” kata Kapolri dalam sambutannya di atas kapal pinisi Lako Sae.

Dalam kesempatan itu, Sigit juga memperkenalkan sekaligus mempromosikan Labuan Wajo yang merupakan salah satu tempat terindah yang dimiliki oleh Indonesia.

“Sebelum memulai diskusi esok hari, mari sejenak kita nikmati keindahan alam Labuan Bajo yang dikenal dengan julukan Kota Seribu Senja dan habitat asli dari Komodo,” ujar Sigit.

Lebih dalam, Sigit menekankan kepada para delegasi negara ASEAN untuk menyerap energi positif demi memajukan dan melakukan yang terbaik bagi seluruh masyarakat.

“Untuk itu, mari kita serap energi positif ini untuk menjadi kekuatan dalam melindungi seluruh masyarakat dan memajukan kesejahteraan di ASEAN. Dan untuk semangat ASEAN sebagai Episentrum Pertumbuhan Dunia, selamat menikmati,” ucap Sigit.

Disisi lain, Sigit menyebut bahwa, menjadi suatu kehormatan tersendiri dapat menjadi tuan rumah AMMTC ke-17 yang dapat dilaksanakan secara langsung setelah adanya Pandemi Covid-19 sejak tahun 2019.

“Jika berbicara pertemuan ASEAN, kita sedang membicarakan pertemuan suatu keluarga besar. Sebab, ikatan kita bukan sekedar ikatan komunitas, melainkan ikatan keluarga. Keluarga yang terikat dengan sejarah dan budaya yang kuat,” tutur Sigit.

Sigit mengungkapkan bahwa, dalam dua hari kedepan kegiatan AMMTC akan membahas perkembangan kejahatan transnasional dan memperkuat kerja sama kita sebagai wujud langkah nyata dalam menghadapi kejahatan transnasional.

“Pertemuan kali ini merupakan kesempatan yang baik untuk lebih mengenal satu sama lain. Saya percaya bahwa hubungan informal antar para delegasi akan melengkapi hubungan formal antar negara yang sudah terjalin baik. Hal ini memastikan bahwa tidak ada ruang bagi pelaku kriminal untuk bersembunyi,” tutup Sigit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *