Acara Youth Fest 2023 Membawa Dampak Positif Bagi Pelaku UMKM di Labuan Bajo

Labuan Bajo, Okebajo.com, – Archipelago Foundation dan Bajo Talk Podcast sukses menggelar Yout Fest 2023. Ribuan pengunjung saksikan penampilan para talent-talent muda asli Labuan Bajo di Waterfront Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu 28 Oktober 2023 malam.

Mereka disuguhkan dengan sajian menu acara yang dikemas dengan sangat menarik seperti, talk show, theater, drama, musik, tarian, puisi dan stand up comedy.

Selain memberikan edukasi dan hiburan kepada para pemuda, pelaksanaan Youth Festival ini juga membawa dampak positif untuk para pelaku UMKM.

Banyaknya pengunjung yang hadir membuat dagangan mereka laku terjual bahkan melampaui target.

Salah satu Pelaku UMKM Kopi Didi, Feby, mengaku senang karena omsetnya meningkat drastis saat pelaksanaan Youth Festival Labuan Bajo.

“Kami merasa senang sekali karena berdampak positif bagi kami. Malam ini kami mendapatkan keuntungan lebih banyak dibandingkan di tempat kami yang biasa jual. Omset kami mencapai target bahkan lebih. Mencapi Jutaan rupiah” katanya.

Sebab itu, ia menyampaikan terima kasih kepada panitia yang memprakarsai kegiatan ini dan berharap sesering mungkin digelar di Labuan Bajo pada waktu mendatang.

“Semoga kegiatan seperti ini sesering mungkin dilakukan, karena kami sangat merasakan dampak positifnya. Kami menyampaikan terima kasih kepada para panitia yang telah menginisiasi kegiatan ini” ucapnya.

Ketua Panitia, Ghe Karno mengaku bersyukur karena Youth Festival 2023 berjalan lancar dan sukses. Apalagi animo masyarakat Labuan Bajo sangat tinggi untuk menyaksikan berbagai penampilan para peserta.

“Luar biasa, kami tidak menyangka penontonnya akan sebanyak ini. Semoga kedepannya semakin banyak lagi yang suport dan ikut terlibat, khususnya anak-anak Labuan Bajo yang mau berkolaborasi bersama.

Ia mengatakan, event Youth Fest ini merupakan kolaborasi Archipelago Foundation dan Bajo Talk Podcast menggandeng TMCC event production dan TaTe Kind Art sebagai event patner Youth fest dan juga didukung penuh oleh Indonesia Financial Group (IFG),  pemerintahan Kabupaten Manggarai Barat.

Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan komunitas, sekolah, kampus dan UMKM Labuan Bajo.

Ghe Karno menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ini.

Pembina Archipelago Foundation, Nesya Amalia mengatakan Archipelago Foundation sebuah yayasan yang mendukung pengembangan SDM di Indonesia, khususnya di NTT.

Pihaknya mendorong para pemuda pemudi yang ada di Manggarai Barat untuk berani berintegritas, seperti berani untuk jujur dan tampil.

“Kita sebagai anak muda tidak hanya beraspirasi tetapi berani untuk berprestasi. Meraih prestasi tersebut karena kita percaya diri” ujarnya.

Sebab menurutnya, sebagian besar pemuda di Labuan Bajo banyak yang tidak memiliki keberanian untuk tampil menunjukan potensinya.

Menurut Nesya, pemuda dan pemudi NTT khususnya Manggarai Barat memiliki potensi yang luar biasa, tapi kurangnya ruang untuk mereka bereskpresi.

“Ternyata ketika kita menyiapkan ruang, kemampuan mereka sangat luar biasa. Hari ini mereka tunjukan semua potensi dan bakat mereka sehingga seluruh masyarakat yang ada di sini termasuk pentahelix dari pemerintah, akademisi, non profit dan sebagainya melihat bahwa mereka ini bisa. Pemuda Manggarai Barat bisa berdaya saing” ujarnya.

Dengan animo pemuda dan masyarakat yang cukup tinggi, dan berdampak positif untuk pelaku UMKM, pihaknya mengaku siap melanjutkan program Youth Festival Labuan Bajo di tahun-tahun berikutnya.

“Kegiatan hari ini berjalan lancar, semua hadir, perwakilan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, TNI AL/AD/AU hadir, dari Polres. Semua Forkopimda mensuport. Animo masyarakat sangat tinggi” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *