Lagi, Pemkab Manggarai Barat Terima Penghargaan Adipura

Labuan Bajo | Okebajo.com | Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat menerima penghargaan Adipura 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI secara berturut-turut sejak tahun 2022 dan 2023.

Acara penyerahan Piagam Penghargaan Adipura 2023 ini berlangsung di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Maret 2024.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong menyerahkan Piagam Penghargaan ini kepada  Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat, Oktavianus Andi Bona mewakili
Pemkab Manggarai Barat.

Turut hadir mendampingi Plt. Kadis Oktavianus dalam penerimaan Adipura 2023 itu, adalah Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat, Zulfikar.

Oktavianus Andi Bona (Ovan Adu) mengatakan Penghargaan Adipura merupakan salah satu program pemerintah pusat melalui KLHK yang bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menselaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menjelaskan bahwa Adipura merupakan agenda nasional yang telah bergulir sejak tahun 1986.

Pemberian penghargaan Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau (RTH), penilaian kondisi operasional TPA, serta inovasi yang dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin.  Wapres yang hadir di acara itu mengucapkan selamat kepada para Kepala Daerah penerima Penghargaan Adipura Tahun 2023.

Wapres menyebut penghargaan ini menjadi representasi kesungguhan pemerintah dalam mengatasi persoalan lingkungan, sampah dan ruang terbuka hijau.

Ma’ruf berharap, penghargaan Adipura ini akan memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah. Dia juga berharap agar dengan pemberian penghargaan ini, kota dan kabupaten mampu bersaing secara global.

Ma’ruf juga mengajak pemerintah daerah bekerja sama dengan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. *
Sumber : Infokom Mabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *