Misa Arwah di TPU Langgo Kirim Doa Untuk Orang Meninggal

Labuan Bajo | Okebajo.com | Hari Arwah Sedunia atau All Souls’ Day diperingati pada tanggal 2 November setiap tahun.

Setiap tanggal 2 November, gereja Katolik secara khusus mengenang dan berdoa bagi arwah semua orang beriman yang telah meninggal dunia.

Hari ini, Kamis, 2 November 2023, seluruh warga Kampung Langgo berkumpul. Mereka mendaraskan doa untuk arwah para leluhur dan seluruh anggota keluarga mereka yang telah meninggal. Persembahan doa-doa mereka berpadu satu nada dalam Misa Arwah  (Misa Rekuem) yang dipimpin P. Gregorius S. Harapan, SVD.

Perayaan Ekaristi dilaksanakan langsung di Tempat Pekuburan Umum (TPU) yang terletak di ujung kampung Langgo, Desa wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat.

Dalam gereja Katolik, Rekuiem atau Misa Rekuiem atau dikenal juga dengan Misa Arwah (Latin: Missa pro defunctis) misa kudus bagi kedamaian kekal jiwa-jiwa dari orang yang telah meninggal.

Hari Arwah

Mengutip dari berbagai sumber, Hari Arwah Sedunia ditetapkan untuk mengenang dan mempersembahkan doa atas nama semua orang beriman yang telah wafat agar mereka bergabung dengan para orang kudus di surga.

Bagi umat Katolik, saat kematian sesungguhnya merupakan peristiwa puncak kehidupan. Hidup tidak lenyap, melainkan hanya diubah.

Umat Katolik percaya bahwa sesudah pengembaraan di dunia ini selesai, tersedialah kediaman abadi di surga.

Kematian bagi umat Katolik merupakan saat mempercayakan diri secara total kepada Kristus, kebangkitan dan kehidupan saat perjumpaan abadi dengan Dia, pokok pengharapan, yang mengantar kita pulang ke rumah Bapa. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *