Natal Penuh Kenangan di Kapela Maria Ratu Rosari Wae Masa

Suasana Natal 2023 di Kapela Stasi Maria Ratu Rosari Wae Masa. Foto/Robert Perkasa

Labuan Bajo | Okebajo.com | Pagi hari Senin, 25 Desember 2023. Mentari merekah. Lonceng Kapela berdenting pukul 08.00 Wita.

Anak-anak, remaja dan orang tua tampak berpakaian rapi. Mereka semua bergegas. Menyusuri jalan berkelok-kelok dengan penuh suka cita menuju Kapela Stasi Maria Ratu Rosari Wae Masa.

Mereka datang dari kampung Ndole, Wae Masa dan Ranong, Desa Golo Damu, Kecamatan Mbeliling.

Tidak lama kemudian, umat memadati ruangan Kapela. Sebagian umat duduk di bawah tenda beratap terpal di depan Kapela. Bahkan ada yang berdiri di bawah tenda.

Suasana Misa Hari Raya Natal 2023 kali ini rasanya kembali ke masa lalu persis syair lagu “Gereja Tua” Panbers.

Bentang alam Mbeliling dengan lukisan pegunungan, bukit dan lembah nenghijau sejauh mata memandang.  Suasana alam pedesaan dengan panorama memesona. Angin sepoi menyibak daun-daun pepohonan yang merindang di sekeliling Kapela dengan nama Santa pelindung, Maria Ratu Rosari.

Tidak jauh dari Kapela, tampak  lampion beraneka warna menghiasi lorong masuk menuju Kapela nan mungil itu.

Keagungan serupa juga terasa di dalam Kapela.  Interior Kapela dihiasi dengan aksesoris kandang Natal, pohon Natal dengan cahaya lampu warna-warni.

Suasana  Natal penuh kenangan. Suara koor umat KBG Ndole menyanyikan kidung-kidung suka cita Natal diringi musik mengalun syahdu.

Demikian juga renungan (Kotbah)  Romo Lorens Coang, Pr yang memimpin Misa Hari Raya Natal ini. Romo menarasikan warta suka cita yang membahana. Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi, dan damai sejahtera di bumi.  Baik penghuni surga, para malaikat, maupun warga bumi, para gembala, bersatu dalam kegembiraan : “Gloria in excelsis Deo”.

Kapela Stasi Maria Ratu Rosari  terletak di samping utara lapangan sepak bola SDK Wae Masa dan kampung Wae Masa, Desa Golo Damu, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat.

Kapela ini dibangun pada tahun 2015 dan diresmikan oleh Uskup Ruteng pada 30 April 2016.

Stasi Wae Masa merupakan wilayah pelayanan pastoral Paroki  Santu Mikael, Noa. Ratusan umat stasi ini tersebar di 7 Komunutas Umat Gerejani (KBG). Dua KBG di Wae Masa. Tiga KBD di Ndole dan dua KBG lainya di kampung Ranong. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *