Imapelma Ende KKBM di Desa Watu Lanur

Pemerintah Desa dan masyarakat Kamoung Kedel, Desa Watu Lanur, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur menyambut secara adat kedatangan kontingen mahasiswa Imapelma Ende, Rabu (31/1/2024).

Manggarai Timur | Okebajo.com | Ikatan Mahasiswa Pelajar Manggarai (Imapelma) Ende melaksanakan Kemah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM) di Desa Watu Lanur, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur. Para mahasiswa live in di Desa ini selama sepekan, 31 Januari hingga 7 Pebruari 2024.

Sejak mereka tiba di Desa tersebut, masyarakat menerima kontingen mahasiswa secara adat di rumah gendang kampung Kedel, Desa Watu Lanur. KKBM diawali dengan acara perkenalan dan pembagian rumah penginapan.

Dalam acara perkenalan itu, Ketua Pantia Pelaksana KKBM, Arnita Muliati Ndi menjelaskan Imapelma merupakan organisasi lokal yang menghimpun pelajar dan mahasiswa  Manggarai raya yang kuliah di kota Triwarna Ende.

“Imapelma berkiprah dengan semangat perjuangan sebagai simbol kebersamaan, yakni “Muku Ca Puu Neka Woleng Curup Teu Ca Ambo Neka Woleng Lako”, jelas Arnita yang akrab disapa Arin.

Arin juga menjelaskan bahwa Kemah Kerja Bakti Mahasiswa merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun guna memberdayakan masyarakat.  KKBM sebagai bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat.

“Terima kasih kepada pihak pemerintah Desa Watu Lanur dan masyarakat kampung Kedel atas antusiasnya menerima kami di sini.
Selama satu pekan ke depan, kami menjadi bagian dari desa Watu Lanur dan menjadi anak dari ende- ema masyarakat Desa Watu Lanur. Kiranya Watu Lanur menjadi gudang ilmu untuk perjuangan kami di hari esok. Semoga kegiatan ini berjalan sesuai rencana Tuhan”, ujar Arin.

Dalam penerimaan kontingen Imapelma Ende kabar baiknya dikejutkan ternyata kegiatan ini di kampung  Kedel tanah kelahiran dari Bapak Siprianus Habur., S.Sos,

Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur., S.Sos juga ikut menyambut kunjungan kontingen Imapelma di kampung Kedel, kampung asal Wabub Siprianus Habur.

Dalam sambutannya ia menyampaikan terima kasih atas kehadiran Imapelma Ende di Manggarai Timur lebih khususnya di kampung Kedel, Desa Watu Lanur.

“Kehadiran Imapelma Ende tentu merasa bangga bagi kami, bahwa apa yang kamu dapatkan di lembaga pendidikan tinggi diaplikasikan di tengah masyarakat. Saling mengisi dan berkerja sama, di Desa Watu Lanur ini”, ujarnya.

Wabub Siprianus Habur menjelaskan bahwa di Desa tersebut ada beberapa lembaga pendidikan SMP, dua SD dan satu lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Masyarakat Desa Watu Lanur mendambakkan ada sesuaty yang baru  dengan kehadiran Imapelma Ende.

“Terus terang, saya melihat mereka di sini bangga dan senang ketika dengar kabar ada mahasiswa yang mau bertandang di Desa Watu Lanur, terlebih Pak Kades, Kepala Sekolah beserta  guru-gurunya dan masyarakat. Kehadiran kalian di sini membangun kerja sama  yang baik dengan pemerintah desa, lembaga pendidikan dan masyarakat”, ucap Siprianus

Ia berharap agar masyarakat dan pemerintah Desa Watu Lanur bisa menjaga mahasiswa Imapelma Ende  selama mengabdi di Desa Watu Lanur.

“Selama berapa hari ke depan kita akan membangun kerja sama, berbagi pengalaman dari kampus dengan masyarakat dan pemerintah desa di sini”, ujarnya. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *