Amankan Pemilu 2024, TPS yang Rawan Mendapatkan Perhatian Khusus Polres Mabar

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. Foto/Humas Polres

Labuan Bajo, Okebajo.com – Dalam rangka memastikan proses demokrasi berjalan lancar dan aman, sebanyak 450 personel kepolisian bersiap untuk melaksanakan tugas pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Dari jumlah tersebut, 350 personel berasal dari Polres Manggarai Barat, sementara 100 lainnya berasal dari bawah kendali operasi (BKO) Polda NTT.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan personil pengamanan akan dibagi untuk mengamankan 900 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Pengamanan dilakukan secara cermat, dengan beberapa TPS yang diperkirakan rawan mendapatkan perhatian khusus.

Saat ini, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Manggarai Barat masih terpantau aman.

“Situasi Kamtibmas di Manggarai Barat secara umum masih kondusif, relatif aman dan sejuk. Tidak ada riak-riak. Kalau tindak pidana, satu dua
laporan ada dan kami tangani,” kata Kapolres Mabar saat dikonfirmasi pada Selasa (06/02/2024) pagi.

“Untuk kesiapan kami dalam menghadapi Pemilu tanggal 14 Februari mendatang, kami sudah melakukan persiapan di masing-masing TPS, ada 900 TPS. Personel yang dilibatkan sebanyak 450 orang,” tambahnya.

Setiap TPS ada yang diamankan oleh satu orang personel dan ada yang diamankan oleh dua orang personel tetapi ada juga yang diamankan oleh dua sampai tiga orang dibantu Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Ada tiga klasifikasi pada setiap TPS yaitu pertama kurang rawan, kedua rawan dan ketiga sangat rawan.

“Sangat rawan ada dua TPS di Mabar. Sedangkan rawan ada 90 TPS, sisanya kurang rawan,” ungkap ajun komisaris besar polisi itu.

Dalam menjaga agar tetap terus kondusif dan tidak terjadi praktek-praktek ilegal berkaitan dengan Pemilu, pihaknya melakukan sosialisasi sambil berkoordinasi dengan KPU serta Bawaslu berkaitan dengan pengawasan karena kepolisian juga termasuk dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Kami minta masyarakat untuk tetap menjaga kamtibmas serta tidak terprovokasi isu apapun menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang. Mudah-mudahan semuanya berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Manggarai Barat, Frans Partono menyampaikan bahwa situasi Kamtibmas di Mabar kondusif.

“Sesuai dengan hasil pantauan dan berdasarkan koordinasi, situasi sampai dengan saat ini relatif kondusif,” kata Frans.

Pihaknya terus memantau dan berkoordinasi untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap berlangsung kondusif.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *