KPH Mabar Bersama Kadin Mabar Perkenalkan Hasil Produk UMKM Lokal Kepada Menparekraf

Avatar photo

Labuan Bajo, Okebajo.com – Kepala UPT KPH Manggarai Barat bersama Ketua Kadin Manggarai Barat baru-baru ini bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, untuk memperkenalkan sejumlah produk UMKM lokal seperti Gola Puteng, Kopi Saset Bambu, dan Madu.

Melalui pendampingan terhadap 7 kelompok binaan di berbagai kecamatan, mereka berhasil mengubah hasil hutan bukan kayu menjadi koleksi souvenir dan produk oleh-oleh khas Manggarai yang ramah lingkungan, mengukuhkan eksistensi aksesori sebagai penunjang utama pariwisata super premium labuan bajo yang telah menjadi suatu keniscayaan bagi masyarakat NTT pada umumnya.

“Bersama masyarakat kita berusaha untuk ambil bagian dalam memajukan pariwisata super premium Labuan Bajo. Sehingga kita manfaatkan hasil hutan bukan kayu ini untuk buat sovenir.” Ungkap Stefanus Nali di ruang kerjanya (16/08/2024)

Stefanus mengatakan, realitas menunjukan bahwa pariwisata membutuhkan service baik berupa akomodasi, perhotelan, maupun berbagai barang kenangan (produk souvenir). Karena pembuatan produk souvenir sebagai pendukung pariwisata yang mudah dibawa, dan harganya murah. Dengan mempertimbangkan aspek pembuatan produk souvenir untuk kemasan wisata memberi banyak kemungkinan masyarakat hidup lebih makmur serta pariwisata lebih maju.

Stefanus menekankan bahwa produk-produk souvenir ini tidak hanya sebagai pelengkap wisata, tetapi juga sebagai simbol kampanye global untuk menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dunia sekarang sedang kampanye untuk mengurangi pengunaan produk yang berbahan plastik untuk menjaga lingkungan. Maka, ini kesempatan kita untuk memperdayakan masyarakat agar berinovasi mengunakan bahan-bahan ramah lingkungan untuk dijadikan barang pemakaian sehari-hari,” ujarnya

Stefanus Nali menjelaskan Souvenir yang ada di Kantor UPT KPH Manggarai Barat merupakan produk hasil kerajinan tangan masyarakat lokal yang terbuat dari bahan alami dengan menggunakan bahan terbaik, menjadikan suvenir itu awet dan tahan lama.

“Souvenir ini telah terjual begitu banyak kepada tamu dalam Negeri dan internasional. Sehingga tidak perlu ragu akan kualitas produk yang kami buat ini. Kemarin saya ditelpon oleh ketua Kadin Manggarai Barat agar produk ini dipromosikan di hadapan Pak Menteri Pariwisata di bandara Komodo karena sudah diijinkan oleh Kepala Bandara,” Ujarnya

Dia juga menyebutkan bahwa produk-produk UMKM ini mendapat apresiasi langsung dari Menteri Sandiaga Uno, yang menunjukkan apresiasi terhadap nilai dan kualitas yang mereka bawa.

“Ketua Kadin Manggarai Barat langsung memperkenalkan produk khas Manggarai yaitu Gola Puteng, Kopi Saset Bambu, dan Madu saat Menteri Sandiaga Uno tiba di bandara Komodo. Begitu melihat produk ini beliau kaget dan mengatakan unik sekali dan beliau juga sangat tertarik. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa produk ini merupakan produk Hight End/produk untuk konsumen hight clas, dan diaminkan oleh kepala bandara Komodo,” tutupnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *