47 Peserta Lulus Pelatihan Potensi SAR Water Rescue di Alor

Avatar photo
47 Peserta Lulus Pelatihan Potensi SAR Water Rescue di Alor
Peserta pelatihan teknik pertolongan korban di permukaan air. Foto/Humas Basarnas Maumere

Kalabahi | Okebajo.com | Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, Mexianus Bekabel menutup secara resmi kegiatan pelatihan Potensi SAR Water Rescue di Kabupaten Alor.

Apel penutupan  kegiatan ini berlangsung di Pantai Sebanjar, Desa Alor Besar, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, Minggu, 11 Juni 2023.

“Pelaksanaan pelatihan Potensi SAR Water Rescue yang dilaksanakan selama satu minggu ini telah berjalan dengan baik,” kata Mexianus dalam sambutannya.

47 peserta lulus

Ia menjelaskan, 47 peserta yang lulus adalah peserta yang terlatih. Mereka  telah mengikuti pelatihan dan pembelajaran dengan antusias dan  mengikuti ujian praktik dan tertulis.

Peserta yang lulus menguasai materi ujian praktik Medical First Responder (MFR) Teknik Pertolongan di Permukaan Air serta Access dan Pertolongan yang  diberikan oleh instruktur dari Basarnas Maumere.

“Sebanyak 47 peserta dinyatakan lulus. Saya melihat langsung para peserta penuh antusias mengikuti pembelajaran dan praktik dari instruktur Basarnas Maumere,” jelasnya.

Lebih lanjut Beliau mengatakan seluruh peserta  yang lulus pelatihan ini menjadi  garda terdepan Tim SAR Gabungan di Kabupaten Alor ketika terjadi kondisi kedaruratan di perairan.

Mexianus tandaskan semangat dan sinergitas wajib terus terjalin demi selamatkan jiwa di bumi Alor.

Peserta awal pelatihan ini berjumlah 50 orang. Namun di tengah pembelajaran,  2 orang peserta sakit dan satu orang sedang berkabung.

“Panitia memutuskan untuk tidak melanjutkan pelatihan dan mereka kembali ke rumah masing-masing,” kata Mexianus.

Berita sebelumbya, pelatihan ini berlangsung selama enam hari,  5 – 11 Juni 2023.

Peserta pelatihan tersebut berasal dari Kodim 1622 Alor, Polres Alor, Pos TNI AL Alor, KSOP Alor, Dinas Kelautan dan Perikanan Alor, BPBD Alor, Dinas Parwisata Alor, PT Pelni Alor, Satuan Pelayanan Pelabuhan Kalabahi, Satpol PP Alor, PMI Alor, BMKG Alor, Komunitas Nautika Dive Alor, Komunitas Pencinta Jejak Pribumi Alor, Mapala Muhammadiyah Alor, Mapala Tribuana Alor, Persatuan Nelayan Kokar Alor, Karang Taruna Pulau Treweng Alor, Karang Taruna Desa Mawar Pantar Alor, Pokmawas Desa Pulau Buaya Alor, Wartawan Alor, Komunitas Rescue Flores, Karang Taruna Desa Alor Besar. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *