Dugaan Korupsi Dana CSR di Mabar, Dua Pejabat Pemerintah Diperiksa Jaksa

Avatar photo
Dugaan Korupsi Dana CSR di Mabar, Dua Pejabat Pemerintah Diperiksa Jaksa
Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Fransiskus Sales Sodo usai diperiksa oleh Kejari. Foto/Ist

Labuan Bajo | Okebajo.com | Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai Barat memeriksa dua pejabat di Kabupaten Manggarai Barat terkait dugaan korupsi dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari lembaga Self-Regulatory Organization (SRO) dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Pasar Modal ke-44 tahun 2021.

Kedua pejabat terperiksa adalah Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Salvador Pinto dan Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Fransiskus Sales Sodo.

Kejari Manggarai Barat memeriksa Pinto dan Sodo pada Rabu, 21 Juni 2023.

Pemeriksaan terhadap Pinto sejak pukul 09.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita. Sementara, Sodo tiba Kejari Manggarai Barat sekitar pukul 14.58 Wita.

Pihak Kejaksaan meminta keterangan dari kedua pejabat tersebut terkait laporan belum lakukan pembayaran biaya operasional dan biaya tenaga kesehatan yang bersumber dari bantuan program percepatan vaksin dari lembaga Self-Regulatory Organization (SRO) dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Pasar Modal ke-44 tahun 2021.

Biaya itu bersumber dari dana CSR yang tersalur melalui perkumpulan Pertiwi Indonesia kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat sebesar Rp1.170.665.000.

Usai pemeriksaan, Pinto mengatakan bahwa pemeriksaan dirinya terkait banyak kasus. Salah satunya adalah terkait dugaan korupsi CSR perkumpulan Pertiwi Indonesia yang telah lapor oleh ketua PKN Manggarai Barat.

“Salah satu poinnya itu,” kata Pinto kepada wartawan.

Kasi Intel Kejari Manggarai Baat, Tony Aji Kurniawan mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap SOdo Sodo terkait kasus yang sama dengan Pinto.

Dugaan korupsi tersebut dilaporkan oleh Pemantau Keuangan Negara (PKN) Manggarai Barat, Lorens Logam.

Usut tuntas

Terpisah, Ketua PKN Manggarai Barat, Lorens Logam menegaskan akan mengawal kasus dugaan korupsi tersebut hingga tuntas.

“Saya minta Kejari Manggarai Barat agar mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang diduga dilakukan oleh pihak terlapor” tegas Logam, Rabu siang.

Jangan lupa baca berita menarik dari Oke Bajo di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *