PT Flobamor Pekerjakan Masyarakat Lokal Jadi Naturalis Guide

Avatar photo

Labuan Bajo |Okebajo.com | PT Flobamor telah mempekerjakan naturalisasi guide yang berasal dari pulau Komodo sebagai bentuk sumbangsih terhadap pemberdayaan masyarakat lokal di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK)

Direktur Operasional PT Flobamor Abner Esau Runpah Ataupah  mengatakan PT Flobamor melibatkan masyarakat lokal pulau Komodo sebagai naturalisasi guide untuk meningkatkan pelayanan di kawasan TNK.

“Kami mempekerjakan hampir semua naturalis guide kami berasal dari Desa Komodo,” ungkap Abner kepada awak media di Labuan Bajo, Selasa (28/11/2023).

Abner menjelaskan komitmen PT Flobamor dalam pemberdayaan masyarakat lokal itu tertuang melalui kerja nyata dengan mempekerjakan dan  memberikan pelatihan naturalis guide bagi masyarakat Pulau komodo pada tahun 2022 lalu.

“Komitmen itu tertuang melalui kerja nyata dengan memberikan pelatihan naturalis guide bagi masyarakat pulau Komodo, yang berlangsung di Pulau Padar Utara, Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, NTT pada tahun 2022 lalu,” ucapnya.

Kata dia, pelatihan pada saat itu melibatkan masyarakat asli dari pulau Komodo berjumlah puluhan orang. Mereka dilatih untuk menjadi tenaga profesional baik dari pihak BTNK maupun dari Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) merupakan bagian dari TNBBS (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan).

“Pelatihan itu merupakan wujud nyata kolaborasi kementerian KLHK dengan Pemerintah Propinsi NTT. Bahwa Taman Nasional Komodo adalah kawasan yang harus di jaga bersama,” ucapnya.

Abner mengatakan para mentor yang dihadirkan oleh PT Florbamor dari TWNC bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tamu-tamu atau wisatawan.

“Waktu pelatihan itu saya sampaikan kepada mereka bahwa Ini adalah rumah kalian, tempat kalian, tanah kelahiran kalian, warisan nenek moyang kalian, karena itu ikuti dengan baik sehingga outputnya nanti kalian bisa jalankan,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *