Daerah  

Kepala Desa Golo Damu Bawa Laporan Kebencanaan ke Kantor Bupati

Avatar photo
Relawan PMI bersama Camat Mbeliling dan Sekdes Golo Damu di lokasi kebakaran, Rabu (8/3/2023) petang. Foto/Robert Perkasa

LABUAN BAJO | Okebajo.com|Pemerintah Desa Golo Damum menyampaikan laporan kebencanaan/musibah kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah warga RT 004 RW 002, Dusun Ndole, Desa Golo Damu pada Rabu pagi kemarin.

Kepala Desa Damu, Stefanus Densi bersama  Sekdes Yohanes Cebolaing, SKM tiba di Kantor Bupati Manggarai Barat pada Kamis (9/3/2023) pagi.
Laporan kebencanaan ini juga ditembuskan kepada pelbagai instansi terkait, seperti BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami di Kantor Bupati sekarang”, kata Kades Golo Damu, Stefanus Densi via WhatsApp, Kamis siang.

Konfirmasi Media ini langsung kepada bapak Blasius Agen selaku pemilik rumah (korban) merincikan jenis kerugian material yang timbul akibat musibah ini.

Satu unit rumah papan semi permanen ukuran 5×15 meter hangus terbakar.

Uang tunai Rp15 juta yang disimpan di dalam lemari hangus terbakar.

Padi 10 karung belang, beras 2 karung 50 kg, kopi arabika 1 karung.

Papan 100 lembar, spring bat, 1 unit sepeda motor Supra Fit, mesin giling kopi, alat pertanian dan elektronik, perabot rumah hingga perlengkapan dapur.

Pakaian anak sekolah hingga perlengkapan sekolah hangus terbakar.

Surat-surat berharga antara lain, ijazah anak-anak sekolah, data kepedulian (KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Nikah, SIM dan STNK bermotor, dan harta berharga lainnya hangus terbakar.

Di sekeliling rumah, tanaman kopi  arabika, tanaman pisang yang sedang berbuah,  juga layu/mati tersengat kobaran api.

“Semua harta kami tidak ada satu pun yang bisa diselamatkan. Semuanya sudah hangus terbakar. Tinggal pakaian di badan”, kata bapak Blasius Agen saat ditemui di TKP, Rabu kemarin.

Aksi solidaritas kemanusiaan

Pada Kamis (9/3/2023) pagi, warga tetangga dari kampung Langgo, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang  menyambangi keluarga bapak Sius Agen di Ndole.

Mereka datang membawa bantuan sandang berupa celana, baju belasan pcs, tas sekolah dan juga uang seadanya.

“Kami turut merasakan penderitaan yang dialami oleh keluarga bapak Sius Agen akibat musibah ini. Bantuan kami apa adanya. Kami memberi dari kekurangan kami”, ungkap seorang warga Langgo yang enggan menyebut namanya.

Kemarin, saat meninjau TKP, Camat Mbeliling, Yohanes Hibur, S.Pd bersama Kepala Desa Golo Damu, Stefanus Densi menemui bapak Sius Agen di rumah tetangganya.

Camat Yohanes menyampaikan peneguhan moril seraya memberikan bantuan uang seadanya untuk keluarga korban.

Aksi kemanusiaan juga dilakukan warga di kampung Ndole. Mereka berbondong-bondong menjumpai keluarga korban yang sedang berteduh di rumah keluarganya mereka.

Warga datang sambil menenteng beras seadanya untuk keluarga korban.

Demikian juga Ketua Relawan Palang Merah Indonesia Kecamatan Mbeliling, Fransiskus S.Vedi
menemui keluarga korban. Selanjutnya melakukan koordinasi  dengan pemerintah Desa Golo Damu dan Camat Mbeliling.

Aksi solidaritas ini mereka lakukan secara spontanitas sebagai ungkapan  solidaritas kemanusiaan terhadap penderitaan keluarga bapak Sius Agen yang ketiban musibah kebakaran tragis.

Respon BPBD Mabar

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat, Ir. Oktavianus Andi Bona melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD,  Robert Gardi mengatakan, informasi tentang musibah kebakaran di kampung Ndole sudah diperoleh.

Hari ini, BPBD bersama instansi terkait menggelar rapat koordinasi terkait penanganan bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami masih persiapan rapat terkait penanganan bencana”, jawab Robert Gardi ketika dikonfirmasi Media ini via WhatsApp, Kamis sore.
*(Robert Perkasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *