TNI-Polri di Labuan Bajo Siap Amankan Kunker Presiden Jokowi Besok

TNI-Polri di Labuan Bajo Siap Amankan Kunker Presiden Jokowi pada Senin 13/3. Foto/Humas

Labuan Bajo |Okebajo.com|Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo didamping Ibu Negara, Ibu Hj. Iriana Joko Widodo hari Senin besok (13/03/2023) dijadwalkan tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT bersama sejumlah rombongan dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Kedatangan Bapak Presiden dalam rangka kunjungan kerja guna mengecek kesiapan Venue KTT Asean Summith Ke-42 Tahun 2023 di Labuan Bajo pada bulan Mei mendatang,” kata Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kasi Humas Polres Mabar, IPTU Eka Darma Yuda usai mengikuti apel gelar pasukan pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI dan rombongan, Minggu (12/03/2023) di Lapangan Kantor Bupati Manggarai Barat.

Untuk diketahui, Indonesia telah ditetapkan sebagai Ketua Asean Tahun 2023 pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-41 di Phnom Penh, Kamboja pada bulan November 2022 lalu.

Forum ASEAN adalah singkatan dari The Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara yang merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Untuk KTT ASEAN sendiri adalah singkatan dari Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan merupakan pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Persiapan Keamanan Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Ir Jokowidodo di Labuan Bajo

Dan di tahun 2023 ini, Indonesia dipercaya lagi memegang Keketuaan ASEAN 2023. Bukan cuma sekali atau dua kali, tapi sudah kelima kalinya. Sebelumnya pada tahun 1976 (KTT ASEAN-1), 1976, 1996, 2003, dan 2011.

Sebagai tuan rumah Keketuaan ASEAN 2023, Indonesia mengusung tema besar “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth” yang bermakna bahwa Indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi masyarakat ASEAN dan dunia.

Pada kesempatan itu, Kasi Humas Polres Mabar, IPTU Eka Darma Yuda juga menjelaskan, dalam rangka menyambut kedatangan Kepala Negara, pihak TNI-Polri akan melakukan pengamanan VVIP bersama dengan unsur Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat lainnya.

“Ini dilakukan baik pada event nasional maupun internasional agar dapat memberikan jaminan keamanan yang terbaik dan maksimal,” ungkap Kasi Humas.

Untuk itu, lanjutnya, segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, tidak ada istilah ini sebagai kegiatan rutinitas.

Ditambahkan, apel gelar pasukan seperti sangat perlu dilakukan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP ini disiapkan, baik secara perorangan maupun satuan.

Selain itu, Kasi Humas juga mengungkapkan ada beberapa titik yang ditentukan akan didatangi Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan rombongan, yaitu salah satunya di Kawasan Ekonomi Khusus Tanah Mori, yang berada di Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo.

Terkait tujuan mengunjungi Tanah Mori, Presiden ingin melihat langsung lokasi Kawasan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) Tanah Mori yang akan digunakan saat KTT Asean Summith 2023 pada bulan Mei mendatang.

“Rangkaian kegiatan ini lebih kurang selama dua hari, tetapi semuanya sudah diantisipasi, untuk Polri sendiri kita menggelar lebih kurang 600 personel untuk membantu TNI dalam hal pengamanan dalam menjaga semua titik baik venue-venue maupun rute yang dilalui RI 1. Kegiatan yang kita laksanakan terus-menerus untuk memantau situasi sehingga pelaksanaan Kunker Bapak Presiden bisa berjalan aman dan lancar,” sebut IPTU Eka.

“Yang utama tentu dalam rangka KTT Asean Summith 2023 yang nantinya tinggal dua bulan lagi akan dilaksanakan kegiatan tersebut, tentu prosesnya bukan lama lagi karena pelaksanaan pada bulan Mei tahun 2023 ini. Berarti harus disiapkan dari sekarang untuk meyakinkan Labuan Bajo siap menjadi tuan rumah,” sambungnya.

Selanjutnya Kasi Humas, IPTU Eka Darma Yuda berharap dukungan dari semua pihak dan masyarakat agar kegiatan kunjungan kerja Presiden RI dan rombongan dapat berjalan aman dan lancar serta dukungan terhadap kesiapan Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT Asean Summith 2023.

“Kita harap seluruh masyarakat ikut menyukseskan kunjungan (Presiden) ini, aparat sudah siap, masyarakat juga harus ikut mendukung,” imbuhnya.

Kedatangan Presiden Ir. H. Joko Widodo ke Labuan Bajo bukanlah yang pertama kali. Namun sudah delapan kali semenjak menjadi Presiden RI dan selama tahun 2023, ini merupakan kunjungan pertamanya ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas itu.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *