Breaking News : Camat Sano Nggoang & Kades Golo Ndaring Bawa Ambulance Jemput Pasien

Camat Sano Nggoang & Kades Golo Ndaring Bawa Ambulance Jemput Pasien
Mobil ambulance Puskesmas Werang bergerak cepat menjemput pasien di Kampung  Ndengo.  Kini, pasien telah tiba di ruangan UGD dan sedang dalam perawatan petugas medis Puskesmas Werang. Foto/Ist

Labuan Bajo | Okebajo.com | Mobil ambulance Puskesmas Werang bergerak cepat menjemput pasien di Kampung  Ndengo. Kini, pasien telah tiba di ruangan UGD dan sedang dalam perawatan petugas medis Puskesmas Werang.

Ini terjadi setelah Camat Sano Nggoang, Alfons Arfon turun tangan berkoordinasi cepat dengan pihak Puskesmas Werang bersama Kepala Desa Golo Ndaring, Benediktus Alfian Wanggur (Tus Datut) selaku keluarga pasien.

Camat Sano Nggoang meminta bantuan mobil ambulance Puskesmas Werang untuk menjemput pasien di Dusun Ndengo.

“Pasien sudah tiba di Puskesmas Werang. Tadi pak Camat Sano Nggoang bersama sopir mobil ambulance datang jemput pasien di Ndengo. Kami sama-sama dari Ndengo antar pasien ke Puskesmas Werang”, ujar  Tus Datut melalui sambungan telepon, Rabu siang.

Rabu pagi, 3 Mei 2023, warga kampung Tembel dan Ndengo terpaksa  gotong keranda kayu bawa pasien  ke Puskesmas Werang.

Mereka jalan kaki sejauh 7 kilometer sambil gotong pasien agar  segera mendapatkan pertolongan medis.

Pasien bernama Veronika Baina (70 tahun), seorang ibu janda lanjut usia (lansia) dari Kampung Tembel, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jalan rusak parah

Potret memilukan ini terjadi akibat ruas jalan dari Cabang Langgo menuju Werang rusak parah.

Seluruh moda angkutan umum, baik roda 4 maupun roda 2 tidak lagi melintasi ruas jalan yang rusak parah menuju ibukota Kecamatan Sano Nggoang itu.

Aspal jalan telah lama rusak tergerus air hujan dari tahun ke tahun. Titik kerusakkan paling parah terjadi di wilayah Dusun Rangat, Tembel hingga Dusun Ndengo, Desa Wae Lolos.

Jalan Kabupaten itu kini tidak terawat lagi sejak ruas jalan Bambor-Werang telah dihotmix.

Padahal, ruas jalan ini  merupakan jalur strategis dan paling singkat menuju Kecamatan Sano Nggoang.

Dulu,  mobilitas warga setempat  saban hari berjalan lancar. Hasil komoditi warga yang ada di sepanjang jalan itu mudah diangkut kendaraan umum. Tapi kini, warga terisolasi seperti yang terjadi pada masa 50 tahun silam.

Tidak hanya warga. Mobilitas para wisatawan manca negara dan domestik kini sepi akibat kondisi jalan tersebut.

Ruas jalan Cabang Langgo-Werang adalah akses penghubung antardesa yang tersebar di  Kecamatan Sano Nggoang.

Mulai dari Desa Wae Lolos, Golo Kondeng, Golo Ndaring, Golo Mbu, Watu Panggal, Sano Nggoang, Wae Sano, Golo Manting, Golo Sengang, Matawae dan ratusan kampung di Kecamatan tersebut. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *